Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Mobil Tidak Lulus Uji Emisi?

Tak sedikit pemilik mobil yang merasa was-was mobilnya tidak lulus uji emisi. Yuk kenali faktor yang menyebabkan mobil tak lulus uji emisi.

mobil tidak lulus uji emisi

Mulai tahun ini, uji emisi gas buang kendaraan bermotor menjadi salah satu syarat operasional bagi setiap mobil dan sepeda motor dengan usia pakai tiga tahun ke atas di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: BMW Astra Sediakan Layanan Uji Emisi Bersertifikasi, Mau?

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 yang efektif berlaku mulai 24 Januari 2021. 

Mobil yang tidak menjalani atau mobil tidak lulus uji emisi gas buang akan ditilang dan didenda sebesar Rp 500 ribu, sedangkan motor Rp 250 ribu. 

Bagi mobil baru, cenderung bisa lebih tenang ketimbang yang berusia lawas ataupun bekas. Meskipun begitu, tidak bisa dijadikan jaminan kalau mobil berusia muda sudah pasti lulus uji emisi.

Mobil yang tidak lulus uji emisi bisa terjadi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut.

ganti oli sendiri

Tidak memperhatikan kondisi oli

Telat mengganti atau menggunkan oli yang spesifikasinya di luar rekomendasi pabrikan bisa menyebabkan mobil tidak lulus uji emisi.

Baca juga: Mulai 24 Januari 2021, Jakarta Wajibkan Uji Emisi Kendaraan

Pasanya, telat mengganti oli bisa menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna, sehingga menyisakan emisi yang tinggi dan berpotensi membuat mobil tidak lulus uji emisi.

Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat

Menggunakan bahan BBM yang tidak sesuai kompresi bisa menjadi pemicu pembakaran tidak sempurna. Efeknya kadar emisi CO, HC dan NOx meningkat. 

Untuk itu, saat memilih bahan bakar, harus disesuaikan dengan rasio kompresi mesin. Untuk mengetahui rasio kompresi mesin, bisa dilihat pada spesifikasi kendaraan terkait.

Baca juga: BMW Astra Used Car Siapkan Rp 100 Miliar untuk Beli BMW Bekas

Lebih jelasnya, simak daftar kadar oktan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin berikut ini:

Rasio kompresi 7 sampai 9:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 88
Rasio kompresi 9 sampai 10:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 92
Rasio kompresi 10 sampai 11:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 95
Rasio kompresi 13,1:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 102
Rasio kompresi 14,1:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 107

Injektor yang tersumbat

Selain memperhatikan kualitas bahan bakar, kamu perlu memeriksa kondisi injektor, yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Fungsinya yang vital dan bekerja secara terus-menerus membuat injektor berpotensi tersumbat oleh kotoran atau sulfur yang terbawa dari bahan bakar.

Bila tersumbat, maka kinerja injektor akan terganggu dan mengakibatkan performa mesin menurun.

Selain itu, injektor yang tersumbat juga mengakibatkan bahan bakar semakin boros sehingga menimbulkan asap hitam yang membuat emisi gas buang menjadi tidak sempurna.

Baca juga: Kendaraan Berusia 3 Tahun Wajib Uji Emisi, Apa Alasannya?

ganti knalpot mobil

Kondisi knalpot

Knalpot adalah saluran pembuangan akhir untuk membuang sisa-sisa pembakaran mesin atau asap dari mesin. Perlu diketahui, knalpot merupakan komponen yang rentan mengalami keropos dan bocor.

Baca juga:  Selain Membatasi Usia Kendaraan Bermotor, Ini Cara Jakarta Atasi Polusi

Jika knalpot mobil mengalami kebocoran, akan membuat tekanan pada sirkulasi gas buang berkurang dan mengganggu kinerja mesin. Bahkan bisa membuat emisi gas buang menjadi meningkat.

keuntungan kredit mobil

Jarang lupa melakukan servis secara berkala

Emisi gas buang erat kaitannya dengan kualitas sistem pembakaran pada mobil. Jika kualitas sistem pembakaran tidak dalam kondisi yang prima, maka akan berpengaruh ke emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Maka dari itu, kesadaran pemilik mobil dalam melakukan perawatan berkala sangat diperlukan untuk menghindari resiko mobil tidak lulus uji emisi. 

Artinya, melakukan perawatan secara berkala tak hanya memberikan dampak yang baik pada mobil, namun juga lingkungan. 

Mulai sekarang, yuk rawat mobilmu secara rutin demi menciptakan kualitas udara yang lebih sehat. 

Tidak usah khawatir soal waktu, kini melakukan perawatan pada mobil lebih praktis dengan hadirnya layanan Booking Service dan Home Service Seva.id.

Atau, kamu juga bisa membeli mobil bekas berkualitas di fitur Pilihan Expert Seva.id. Semua mobil yang tersedia pasti sudah dicek secara detail oleh mekanik profesional.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil, dijamin mulus. Rentang harga mobilnya juga beragam, mulai dari puluhan juta sampai dengan ratusan juta rupiah tersedia di Pilihan Expert.

Mau mobil bekas berkualitas? Langsung saja kunjungi Pilihan Expert Seva.id sekarang.

Pilihan Expert Seva.id

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.