Search Cars

Travel & Lifestyle

5 Tips Sederhana Beli Gadget Jelang Lebaran

Lebaran adalah saat yang tepat untuk beli gadget, termasuk ponsel. Simak dulu tips beli gadget jelang Lebaran.

Lebaran identik dengan segala sesuatu yang baru, tidak terkecuali dengan gadget atau smartphone. Momen ini juga banyak dimanfaatkan orang untuk berbelanja.

 

Di Indonesia, menjelang Lebaran, penjualan smartphone dari berbagai merk meningkat antara 40 persen hingga 100 persen. Kenaikan ini biasanya pada smartphone dengan harga antara Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000.

 

Produk-produk smartphone baru itu juga begitu menggiurkan karena dijejali dengan komponen yang lebih bertenaga, kamera  terbaik, sistem operasi yang lebih baru, ataupun teknologi-teknologi lainnya yang lebih canggih.

 

Tidak hanya itu, ada keuntungan jika beli gadget jelang Lebaran, biasanya para vendor  smartphone beramai-ramai menawarkan promosi seperti cashback, potongan harga, hingga hadiah langsung.

 

Tapi, Anda jangan keburu tergiur dan nafsu, apalagi Tunjangan Hari Raya (THR) sudah di tangan. Jika memang ingin membeli gadget, khususnya smartphone jelang Lebaran, simak dulu tips beli gadget jelang Lebaran berikut ini.

Tentukan budget

Tidak seperti dulu ketika ponsel hanya ada beberapa merk seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Siemens, dan Samsung, kini ada puluhan merk smartphone yang tentunya akan membingungkan Anda.

 

Nah, daripada bingung, sejak awal Anda tentukan dulu budget untuk beli gadget jelang Lebaran. Jika ponsel, tentukan berapa kisaran harga yang akan dibeli. Sesuaikan dengan kebutuhan dan THR, jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

 

Saat ini, dengan Rp 3.000.000 dapat membeli ponsel dengan spesifikasi rata-rata 4GB RAM, 64GB memori internal, dua kamera belakang, kamera depan, hingga pemindai sidik jari.

Pilih yang terbaik

Jangan lupa, di harga Rp 3.000.000 ada berbagai merek dan spesifikasi smartphone. Ada baiknya sebelum beli gadget, Anda googling atau cari reviewnya di Youtube.

 

Banyak channel di Youtube yang membahas kekurangan dan kelebihan tentang gadget serta ponsel, seperti Sobat Hape, Gadgetin, Bestindotech, Droidlime, Pizza Gadget, dan lain-lain.

 

Channel-channel tersebut dapat menjadi referensi serta pertimbangan untuk Anda yang ingin beli gadget jelang Lebaran.

Waktu yang tepat

Umumnya, kenaikan permintaan akan gadget serta ponsel terjadi usai THR diterima oleh karyawan, atau tepatnya sekitar seminggu sebelum Lebaran.

 

Tidak hanya perminintaan yang naik, akibat kelangkaan barang, harga ponsel favorit juga bisa melambung hingga 20 persen. Belum lagi harga aksesorinya seperti case dan memori eksternal. Jadi mahal bukan?

 

Nah, waktu terbaik beli gadget jelang Lebaran adalah pertengahan Ramadan. Di waktu ini permintaan belum meningkat, sehingga stok masih banyak.

Beli online

Memang, masih banyak yang belum percaya dengan cara beli gadget atau ponsel secara online.

 

Ada banyak alasannya, seperti takut kena tipu, barang tidak sesuai, barang hilang saat pengiriman, hingga barang rusak ketika diterima.

 

Padahal, beli gadget jelang Lebaran secara online lewat marketplace banyak keuntungannya. Tidak jarang menjelang Lebaran, marketplace berlomba-lomba memberikan potongan harga, tambahan aksesoris, hingga cascback.

 

Yang perlu Anda perhatikan ketika membeli barang mahal melalui online adalah pilih marketplace terpercaya, reputasi toko yang baik, dan rajin-rajin membaca testimoni dari pembeli lain.

 

Lebih teliti sebelum membeli dan jangan tergiur oleh harga murah!

Jangan nafsu

Ya, jangan nafsu! Sebelum beli gadget jelang Lebaran, ada baiknya Anda pertimbangkan perlukah hal tersebut dilakukan.

 

Jika sudah memiliki ponsel, untuk apa mengganti dengan yang baru dengan teknologinya yang hapir sama atau mirip. Kecuali, jika ponsel lama sudah tidak bisa mendukung aktivitas berkomunikasi.

 

Kalau beli gadget jelang Lebaran hanya untuk gengsi dan pamer dengan sanak saudara, mending tidak usah. Riya’ itu tidak baik dan berkah.

 

Akan lebih baik dana untuk beli gadget jelang Lebaran dialihkan ke hal yang bermanfaat. Jadi menurut Anda, seberapa penting beli gadget jelang Lebaran itu?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.