Search Cars

Review Otomotif

Beda Harga dan Varian Toyota Raize, Gak Sampai Rp 300 Juta!

Hingga saat ini sudah ada tiga varian Toyota Raize yang dikenalkan. Apa saja perbedaannya dan berapa harganya?

Toyota Raize

Seluruh varian Toyota Raize sejatinya dibekali oleh dua jenis mesin yang berbeda, yakni mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc normally aspirated atau tanpa turbo.

Namun khusus varian Toyota Raize berkapasitas mesin 1.200cc baru akan dikenalkan pada semester kedua tahun 2021 ini.

Jadi untuk sekarang, pelanggan yang ingin memiliki atau membeli Toyota Raize dapat memilih mesin 1.000 cc turbo yang tersedia dalam enam varian.

Secara garis besar varian tersebut adalah G, GR Sport, dan GR Sport TSS yang masing-masing tersedia dalam pilihan warna single tone dan two tone.

Di Jepang, sepanjang tahun 2020, mobil bertemakan active, useful, and compact ini mencatat penjualan melampaui 120.000 unit. Hanya kalah dari Toyota Yaris dengan catatan penjualan lebih dari 150.000 unit.

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Kedua yang Meluncurkan Toyota Raize

Dengan diluncurkannya Toyota Raize, menjadikan Indonesia sebagai negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan kendaraan compact SUV ini.

Lalu apa saja perbedaan varian Toyota Raize dan berapa harganya?

uji tabrak toyota raize

Perbedaan fitur keamanan

Varian Toyota Raize 1.0 GR Sport TSS merupakan yang paling tertinggi. Seperti namanya, varian ini sudah dijejali dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: Daihatsu Rocky Kembali Mengaspal di Indonesia

Fitur TSS pada mobil ini mengikuti jejak Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, dan Toyota Corolla Cross yang lebih dahulu memanfaatkannya.

Dalam daftarnya fitur TSS ini meliputi Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, dan ditambahkan 6-airbags (driver+passanger+side+curtain).

Sementara varian lain sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Toyota Raize

Perbedaan eksterior

Toyota Raize memiliki dimensi kompak dengan panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter, dan tinggi 1.635 milimeter.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Meski begitu, sebagai SUV tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 milimeter dan ground clearance setinggi 200 milimeter.

Dimensi kompak merupakan jawaban atas kebutuhan kendaraan perkotaan yang lincah bergerak di tengah kepadatan jalan, mudah bermanuver di jalan atau area parkir yang sempit, atau parkir di carport rumah yang terbatas.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Penampilan sebuah SUV yang unik dan modern terus berlanjut ke belakang, bahkan terlihat kian sporty berkat sepasang lubang udara besar di bumper.

Pada varian Toyota Raize GR Sport dan GR Sport TSS ada dibekali illuminating headlamp, Daytime Running Light (DRL), dan Sequential Turn Lamp yang semua menggunakan LED, serta velg besar 17 inci turut hadir untuk kelengkapan eksterior Toyota Raize sebagai sebuah SUV.

Toyota Raize

Perbedaan interior

Pada varian Toyota Raize tertinggi tidak akan kesulitan masuk ke dalam kabin dan mulai berkendara.

Sebab, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Smart Entry with Push Start Button, Keyless Car Door, dan Start Engine Button.

Baca juga: EV Smart Mobility Toyota Dukung Pemulihan Wisata Bali

Untuk memberikan informasi berkendara kepada pengemudi, terpasang panel instrumen MID 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern dengan 4 opsi display, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Sementara Convenient Paddle Shift menjanjikan perpindahan gigi yang cepat dan responsif di saat bersamaan tidak mengalihkan fokus pengemudi dari jalan.

Sisanya, seluruh varian Toyota Raize memiliki desain interior yang ega dan nyaman. Jarak antar jok depan dan belakang yang mencapai 900 milimeter menyajikan ruang kaki yang luas bagi penumpang belakang.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Khusus di pengemudi tersedia pengaturan ketinggian, sementara di belakang dapat direbahkan satu tingkat dengan pelipatan 40:60.

Meski bodinya kompak, mobil ini tetap mengakomodasi barang dengan kapasitas bagasi mencapai 369 liter.

Toyota Raize

Mesin turbo

Untuk pertama kalinya Toyota menyematkan mesin super kompak 1.000 cc tiga silinder turbo berkode L1KR-VET dengan pasokan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm.

Baca juga: Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Tenaga dan torsinya hampir mirip dengan mesin berkapasitas 1.500 cc normally aspirated. Namun, mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar, lebih irit bensin, dan lebih ramah lingkungan.

Ditambah penggunaan transmisi CVT yang dikenal halus namun tetap responsif serta menjanjikan efisiensi berkendara yang tinggi.  Dengan satu liter bensin, klaimnya mobil ini dapat melaju hingga 13,8 kilometer.

Toyota Raize

Warna dan harga Toyota Raize

Seperti sudah disinggung sebelumnya, untuk saat ini hanya tersedia Toyota Raize dengan mesin 1.000 cc turbo. Berikut varian dan harga Toyota Raize selengkapnya.

  • Toyota Raize 1.0 G M/T Singe Tone Rp 219.900.000
  • Toyota Raize 1.0 G M/T Two Tone Rp 222.200.000
  • Toyota Raize 1.0 G CVT Single Tone Rp 233.100.000
  • Toyota Raize 1.0 G CVT Two Tone Rp 235.400.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT Single Tone Rp 244.700.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT Two Tone Rp 247.000.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT TSS Single Tone Rp 263.700.000
  • Toyota Raize 1.0 GR Sport CVT TSS Two Tone Rp 265.900.000

Baca juga: Harga PPnBM Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner

Total terdapat tujuh pilihan warna bodi single tone dan lima pilihan warna bodi two tone, termasuk Turquoise Blue Mica Metallic sebagai salah satu hero color yang menekankan karakter aktif Toyota Raize.

Memiliki Toyota Raize pun makin mudah, beli saja online lewat Seva.id sekarang!

Toyota Raize

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.