Alasan Performa Mobil Menurun Setelah 5 Tahun Pemakaian

By Arris Riehady - October 19, 2020

Benarkah performa mobil menurun bila sudah memasuki usia 5 tahun pemakaian? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

performa mobil menurun

Akselerasi terasa lamban, mesin mudah knocking (mengelitik), dan konsumsi BBM menjadi boros merupakan gejala performa mobil menurun.

Ada banyak faktor yang memengaruhi performa mobil menurun setelah di atas lima tahun. Apalagi mobil yang memang digunakan sehari-hari dan sering menempuh perjalanan jauh.

Salah satu faktornya adalah tumpukan karbon di dalam mesin. Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

Baca juga: Apa Tujuan Ketok-Ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas?

Meski mobil masa kini telah dilengkapi berbagai sensor untuk untuk selalu menjaga pembakaran selalu optimal, namun kualitas bahan bakar dan kondisi lalu lintas macet membuat mobil banyak melakukan stop and go.

Hal ini memungkinkan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.

performa mobil menurun

Pembakaran yang tidak sempurna itulah yang menyebabkan tumpukan karbon pada mesin dan membuat performannya menurun.

Bayangkan bila hal tersebut terus berulang selama lima tahun. Belum lagi karena kesibukan kamu sering melewatkan jadwal servis dan perawatan berkala.

Baca juga: Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas, Mudah dan Praktis

Tidak dapat dipungkiri, turun mesin dengan biaya yang besar bisa saja terjadi pada mobilmu.

Selain faktor di atas, masih ada lagi penyebab performa mobil menurun setelah di atas 5 tahun. Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!