Ada Embel-embel TRD di Mobil Toyota? Ini Artinya

By Arris Riehady - Juli 22, 2019

Apa makna sebenarnya dari mobil TRD? Berikut penjelasan dan mobil-mobil Toyota yang masuk dalam jajaran TRD di Indonesia.

Pecinta otomotif Indonesia pasti sudah tidak asing dengan embel-embel TRD atau Toyota Racing Development yang belakangan banyak melekat di mobil-mobil Toyota keluaran terbaru.

Awalnya, TRD memang mengembangkan dan memasarkan part racing di Jepang. Namun sejalannya waktu, TRD Indonesia juga mulai fokus pada sport part untuk mobil keluaran Toyota.

Perwakilan TRD di Indonesia yaitu PT TRD Indonesia yang mulai berdiri sejak tahun 2012 dan bekerja sama dengan PT Toyota Astra Motor (TAM).

TRD Indonesia pun dipercaya sebagai developer dan pendukung dari mobil-mobil yang digunakan oleh Toyota Team Indonesia di ajang balap.

Jika diperhatikan ada perbedaan penulisan TRD di mobil-mobil Toyota. Ya memang, berikut tiga produk utama yang ditawarkan TRD.

TRD Product

TRD product merupakan spare parts asli dari Jepang langsung yang dikhususkan untuk keperluan balap, tidak untuk mobil-mobil komersial.

Bagi mobil Toyota yang digunakan untuk balap di lintasan tentu membutuhkan aerodinamika dan kecepatan maksimum dalam melajukan kendaraannya.

Di Indonesia, TRD Product digunakan oleh Toyota Team Indonesia (TTI) yang adalah tim balap mobil Toyota. TTI menggunakan mobil Toyota Agya dan Toyota Etios.

Sedangkan kelas Touring, andalannya adalah Toyota Yaris. Selain itu, TTI juga mengikuti kelas Speed Off Road dan Cross Country dengan mobil andalan Toyota Fortuner.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!