Search Cars

Travel & Lifestyle

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Check Out dari Hotel

Proses check out dari hotel adalah proses yang sederhana. Meski begitu, banyak juga yang kurang paham. Sekedar mengingatkan, di bawah ini ada 7 hal yang harus dilakukan saat check out dari hotel.

yang harus dilakukan saat check out

Proses check out dari hotel merupakan kebalikan dari check in. Saat check out Anda datang ke meja resepsionis menyerahkan kunci kamar, dan membayar apa yang perlu dibayar.

Tapi tahukah Anda, satu dari 10 orang lupa hal yang harus dilakukan saat check out dari hotel?

Apalagi jika Anda orang yang senang check out mepet dan buru-buru, pasti saja ada barang yang ketinggalan.

Kalau yang tertinggal hanya sebuah sikat gigi tidak masalah, bagaimana jika yang tertinggal adalah sejumlah uang atau bahkan dokumen pribadi? Gawat pastinya!

Nah, berikut adalah hal yang harus dilakukan saat check out dari hotel,

hotel

1. Bawa pulang yang boleh

Ada beberapa barang hotel yang boleh dibawa pulang sebagai suvenir, misalnya perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, conditioner, hingga sandal. Ada juga kopi, teh, dan gula.

Tapi jangan sekali-kali Anda bawa pulang handuk, gelas, cangkir, teko elektrik, bantal, lampu, apalagi selimut, pokoknya jangan. Selain berat, Anda bisa kena blacklist dari hotel yang bersangkutan, bahkan berurusan dengan pihak berwajib.

hotel

2. Cek dan ricek

Kesalahan yang sering dilakukan saat check out dari hotel adalah tamu lupa cek dan ricek. Jangan sampai ketika sudah sampai di rumah Anda baru ingat kalau charger smartphone tertinggal.

Ada juga yang lupa mengecek deposit box, biasanya uang di dalamnya pun tertinggal. Rugi dong!

yang harus dilakukan saat check out

3. Main bayar saja

Fatal juga jika Anda check out tanpa memeriksa tagihan dan main bayar saja. Pastikan yang dibayar sesuai dengan pengeluaran selama menginap.

Jangan sampai ada tagihan lain seperti restoran, jasa laundry, minibar, terlebih layanan massage and spa. Sudah pasti bakal bayar lebih!

yang harus dilakukan saat check out

4. Minta uang deposit

Beberapa hotel, sebelum check in, biasanya tamu diminta meninggalkan sejumlah uang untuk deposit. Nah, ini juga sering lalai!

Saat check out dari hotel, Anda lupa meminta kembali uang ini, padahal jumlahnya lumayan Rp 100-300 ribu. Kalau sampai lupa, anggap saja amal.. 🙁

yang harus dilakukan saat check out

5. Berikan uang tip

Jika Anda puas akan pelayanan dan layanan yang diberikan pihak hotel jangan segan untuk memberikan uang tip, terlebih untuk petugas pembersih kamar atau housekeeper (sering kali dibayar tak sebanding dengan pekerjaannya). Jumlahnya bisa Rp 20-60 ribu per malam selama masa inap Anda.

hotel

6. Jangan mepet

Jadwal check out di hotel umumnya pukul 11:00 atau 12:00. Bila lancar, proses check out hanya butuh waktu 90 detik saja.

Usahakan tetap jangan mepet. Pihak hotel tak segan memberikan denda bila Anda check out melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

yang harus dilakukan saat check out

7. Late check out atau tambah

Kebijakan hotel berbeda-beda. Apabila mendesak, Anda bisa meminta untuk late check out, biasanya ditambah 1-2 jam dari jadwal check out.

Ada pula hotel yang tidak mengizinkan ini. Daripada kena denda, mending tambah satu malam lagi untuk menginap. Harganya hampir sama kok..

hotel

Bila biasa menginap di hotel, Anda pasti sudah hafal hal-hal yang harus dilakukan saat check out dari hotel. Namun tetap saja, namanya manusia ada khilafnya. Saling mengingatkan tidak ada salahnya, bukan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.