5 Filosofi Feng Shui dalam Mendekorasi Rumah

By Ferdi Julias - July 22, 2019

Bagaimana membuat desain rumah yang sesuai dengan filosofi Feng Shui? Berikut ulasannya.

Feng Shui sudah menjadi pedoman sebagian orang sejak ribuan tahun lalu sampai sekarang. Filosofinya terus dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan, salah satunya adalah pada pengaturan tata ruang rumah.

 

Menurut teori Feng Shui, desain rumah sebaiknya memiliki titik keseimbangan (yin) karena memengaruhi energi positif (chi) kepada semua benda yang ada di dalamnya. Semakin banyak energi positif yang ada, semakin bahagia kehidupan di dalam rumah.

 

Bagi Anda yang menginginkan rumah sesuai dengan teori Feng Shui, cara-cara berikut ini mungkin dapat membantu Anda saat menata bangunan serta perabotan rumah.

 

Gunakan warna kuning, pastel, merah, dan hijau untuk mengisi perabotan rumah

Menurut Feng Shui, warna kuning, pastel,merah, dan hijau memiliki energi positif yang dapat mengundang rezeki dan kemakmuran ke rumah Anda. Untuk itu, isi rumah Anda dengan warna-warna tersebut jika ingin sesuai dengan Feng Shui rumah.

 

Anda bisa mengakalinya dengan mengganti sarung bantal, sofa, karpet, gorden, dan lain-lain sesuai dengan warna yang dianjurkan Feng Shui. Atau, salah satu warna itu juga bisa Anda jadikan sebagai cat rumah.

 

Bersihkan dapur

Kebersihan dapur ikut menjadi perhatian pada filosofi Feng Shui. Pastikan ruangan yang digunakan untuk kegiatan masak-memasak ini selalu bersih dan rapi. Menurut Feng Shui, dapur yang bersih dan rapi dapat mengundang banyak energi positif di dalam rumah.

 

Selain itu, Feng Shui menyarankan untuk menggunakan cat berwarna cerah di dapur. Lalu, percantik lagi dengan meletakkan berbagai hiasan, seperti bunga atau mangkuk yang berisi buah. Dengan begitu, energi positif yang masuk akan lebih kuat.

 

Jangan biarkan kamar mandi tidak terurus

Selain dapur, kamar mandi juga harus menjadi perhatian pemilik rumah. Kondisi kamar mandi yang kotor berpotensi mengurangi energi positif yang ada di dalam rumah.

 

Bukan hanya itu, kerusakan-kerusakan yang terjadi di kamar mandi sebaiknya cepat diperbaiki, seperti kerusakan bola lampu, pintu, kebocoran pipa atau atap, dan lain-lain. Hal itu akan berkaitan dengan rezeki penghuni rumah.

 

Penempatan kamar mandi pun perlu disesuaikan. Feng Shui tidak menganjurkan jika kamar  mandi terletak diujung lorong, karena dapat mengacaukan seluruh aliran energi positif di dalam rumah.

 

Pastikan rumah mendapat pencahayaan yang cukup

Pencahayaan rumah yang kurang dapat membuat tubuh kehilangan banyak energi dan membuat emosi penghuninya menjadi tidak stabil. Itulah yang menjadi alasan kenapa Feng Shui menyarankan agar rumah mendapatkan pencahayaan yang cukup.

 

Pemilik rumah bisa mensiasatinya dengan menggunakan jendala besar, lampu yang terang, atau dengan memasang cermin di beberapa bagian rumah, sehingga pantulan cahaya dapat dirasakan di setiap sudut rumah.

 

Hindari membuat garasi di bawah kamar tidur

Garasi mobil adalah tempat yang sangat sering terjadi pergerakan ke luar dan ke dalam. Pergerakan tersebut dapat menimbulkan energi yang meresahkan sehingga tidak sesuai dengan feng shui kamar tidur, karena dapat membuatnya menjadi tidak nyaman.

 

Selain itu, juga tersimpan energi yang tidak tetap dari semua benda di garasi yang biasanya tidak tertata dengan rapi. Asupan energi tersebut dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

 

Penataan rumah lainnya yang tidak bagus menurut feng shui di antaranya adalah pintu depan mengarah langsung ke pintu belakang, anak tangga mengarah ke pintu depan, kamar mandi mengarah ke pintu depan, anak tangga di tengah ruangan, lorong panjang yang sempit, dan sebagainya.

 

Bagaimana, apakah Anda akan menerapkan filosofi Feng Shui pada rumah Anda?

Berita Terkait

Author