Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota Zenix Jadi Penerus Innova Terbaru?

Kehadiran Toyota Zenix menjadi isu hangat sebagai calon penerus kesuksesan Toyota Innova di Tanah Air. Benarkah demikian?

toyota zenix

Isu tentang kehadiran Toyota Zenix atau Kijang Innova terbaru memang sudah menyebar dimana-mana. Dikabarkan Toyota Kijang Innova dengan berpenggerak roda depan dan berteknologi hybrid ini, bakal rilis November 2022 mendatang.

Di bulan November itu bakal menjadi momen penting bagi Toyota. Hal ini karena salah satu produk MPV populernya Toyota ini akan alami banyak ubahan. Toyota tentu akan sangat berhati-hati dalam meluncurkan MPV legendarisnya itu.

Bukan cuma urusan desain yang diyakini akan alami rombakan besar-besaran loh, tapi juga teknologi fitur dan mesinnya akan mengalami pembaharuan. Innova terbaru santer digosipkan juga kebagian teknologi elektrifikasi berupa mesin hybrid.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Bahkan untuk sistem mesinnya sempat dipamerkan. Dengan sistem mengkombinasi mesin konvensional dengan motor listrik yang mungkin saja ditambahkan pula dengan baterai listrik.

toyota zenix

Varian Toyota Zenix

Mendekati peluncuran resminya, makin banyak bermunculan info-info mengenai Kijang Innova generasi terbaru ini. Termasuk diantaranya yang terbaru adalah macam-macam tipe yang akan disediakan untuk para konsumen di Indonesia.

Menurut sumber dari internal Toyota, Kijang Innova generasi terbaru akan tersedia dalam lima pilihan tipe. Antara lain yaitu G bensin, G Hybrid, V bensin, V Hybrid dan Q Hybrid. Memang pada versi terbaru ini, mesin hybrid akan menjadi penerus dari mesin diesel yang sudah ada dari Innova sebelumnya.

Baca juga: Kelebihan Toyota Innova Diesel Dibandingkan Bensin

Sedangkan model yang ada saat ini (existing) dikabarkan masih diproduksi berupa Type G manual bermesin bensin dan diesel. Namun khusus untuk konsumen, perubahan besar pada Innova baru justru berdampak pada kenaikan harga yang sangat signifikan loh.

Isu Harga Toyota Innova Zenix

Info dari sumber yang sama, pada tipe bensin non-hybrid, selisih harga Type G bensin lama dengan Toyota Zenix bisa mencapai Rp 40 jutaan. Sedangkan tipe V bensin antara yang lama dengan yang baru, selisihnya dikisaran Rp 60 jutaan.

Lalu pada tipe G Hybrid, harganya sekitar Rp 24 jutaan lebih mahal dari tipe G diesel saat ini. Namun pada tipe V Hybrid, selisihnya harganya melonjak hingga Rp 90 jutaan.

Baca juga: 6 Hal Penyebab Indikator BBM Tidak Akurat

Dibandingkan mesin diesel, tipe Q Hybrid lebih mahal Rp100 juta, dibandingkan Venturer diesel sekarang. Jika dihitung dengan kenaikan harga tersebut, maka diprediksi harga Kijang Innova terbaru akan melonjak ke kisaran harga Rp 400 hingga 600 jutaan.

Dengan kenaikan harga yang sangat signifikan tersebut, maka semestinya fitur-fiturnya juga akan bertambah banyak. Paling tidak melampaui model sekarang ini.

Fitur Toyota Zenix

Tentunya teknologi hybrid ini menjadi senjata utama Kijang Innova Zenix. Apalagi teknologi ini bakal tersedia di tiga tipe dengan kemewahan berbeda dengan mobil hybrid Toyota lainnya di Indonesia.

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Selain itu, diprediksi juga Toyota Zenix akan tersedia fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense yang sudah tersedia di Avanza Veloz, Raize, Corolla Altis, Camry, Alphard dan Land Cruiser. Bahkan kabarnya pula, juga tersedia sunroof yang mungkin hanya tersedia di tipe tertingginya.

Lalu apa saja fitur dan rentang harga yang ditawarkannya berikut ulasannya dari kami. Fiturnya pun disebutkan Type G akan memiliki fitur seperti keyless dengan tombol start-stop engine.

LCD 9 inci, lampu LED, serta velg 16 inci. Sementara tipe V, bakal memiliki velg 17 inci, panaromic sun roof untuk tipe Hybrid. Head unit 10 inci dan MID yang berbeda.

toyota innova hybrid

Kemudian tipe Q akan dilengkapi dengan body kit lansiran dari Modelista, velg berdiameter 18 inci, lampu sein LED, jok pakai captain seat electric di baris kedua, dan juga power back door dengan voice command.

Baca juga: Pemutihan Pajak Jakarta Sudah Mulai Diberlakukan, Apa Saja Keuntungannya?

Nah teka-teki tipe mesin Toyota Zenix memang sepenuhnya belum terkuak, namun MPV ini dikabarkan akan menggunakan dua opsi mesin berkapasitas 2.000 cc. Keluarga mesin bertipe M20A-FKS dan M20A-FXE untuk versi hybrid-nya kayaknya akan dipakai.

Untuk urusan konstruksi bodinya, masih pakai sama yang digunakan oleh Voxy dan C-HR. Lalu bagaimana menurut pendapat kalian mengenai dari bocoran fitur dan harga dari Innova Zenix ini? Apakah kalian berminat untuk meminangnya, jika sudah meluncur nanti?

Tunggu update berita selanjutnya dari kami yah.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.