Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Menggunakan dan Memelihara TPMS

Tips Menggunakan dan Memelihara TPMS. Sebelum kita membahas tips menggunakan dan memelihara TPMS, penting untuk memahami apa itu TPMS. TPMS atau Tire Pressure Monitoring System adalah sistem yang dirancang untuk memantau tekanan udara dalam ban kendaraan. Dengan TPMS, kamu dapat memantau tekanan udara secara real-time dan menghindari potensi masalah ban yang disebabkan oleh tekanan udara yang tidak sesuai. Sekarang, mari kita bahas beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam menggunakan dan memelihara TPMS.

Mengerti Indikasi TPMS

Salah satu tips pertama dalam menggunakan TPMS adalah memahami indikasi yang ditampilkan oleh sistem. TPMS akan memberikan peringatan ketika tekanan udara dalam ban turun di bawah batas yang ditentukan. Perhatikan lampu peringatan atau pesan yang muncul di panel instrumen untuk mengetahui kondisi tekanan udara dalam ban.

Periksa Tekanan Udara Secara Berkala

Penting untuk secara rutin memeriksa tekanan udara dalam ban kendaraanmu, meskipun sudah dilengkapi dengan TPMS. Meskipun TPMS dapat memberikan peringatan ketika tekanan udara turun di bawah batas yang aman, memeriksa tekanan secara berkala akan membantu mencegah masalah ban yang tidak terduga.

Lakukan Kalibrasi TPMS secara Teratur

Selain memeriksa tekanan udara dalam ban, pastikan untuk melakukan kalibrasi TPMS secara teratur sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen. Kalibrasi yang tepat akan memastikan bahwa TPMS memberikan pembacaan yang akurat dan dapat diandalkan.

Baca Juga: Tips Efektif Menggunakan Defogger Innova Zenix Untuk Mengatasi Kondensasi di Kaca Belakang

Jaga Sensor TPMS Tetap Bersih

Sensor TPMS terletak di dalam ban dan rentan terhadap kotoran, lumpur, atau kerak. Pastikan untuk membersihkan sensor TPMS secara teratur untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Gunakan air bersih dan sikat lembut untuk membersihkan sensor secara hati-hati.

Perhatikan Peringatan TPMS dengan Serius

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, perhatikan peringatan yang diberikan oleh TPMS dengan serius. Jika lampu peringatan atau pesan muncul di panel instrumen, segeralah periksa tekanan udara dalam ban dan ambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menggunakan dan memelihara TPMS dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal dalam menjaga kesehatan dan keamanan ban kendaraanmu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau teknisi yang terampil jika kamu mengalami masalah atau kesulitan dengan TPMS kamu.

Beli mobil baru dengan cicilan terbaik di SEVA! Kamu bisa mencoba berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai, mulai dari fitur Car Discovery Platform. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang kamu inginkan. Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, dapatkan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya dengan fitur Loan Calculator.

Nikmati fitur Instant Approval, kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Mau beli mobil baru, pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.