Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Mengemudi Selama Ramadan Supaya Tidak Mudah Lelah

Hindari ngantuk dan mudah lelah selama di perjalanan . Yuk ikuti tips mengemudi selama Ramadan berikut ini.

tips mengemudi

Siapa yang Ramadan tahun ini tetap berpuasa dan beraktivitas mengemudikan mobil seperti biasanya?

Yap, puasa adalah ibadah wajib di bulan Ramadan. Saat puasa umat Muslim diharuskan menahan nafsu, termasuk makan dan minum, dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.

Tidak jarang, karena berkurangnya asupan energi dari makanan dan minuman, tubuh jadi terasa mudah lelah apalagi sedang mengemudi di jalanan yang macet.

Baca juga: Ternyata, Berpuasa Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Belum lagi tubuh akan kekurangan cairan ketika berpuasa, apalagi saat mengemudi di bawah terik matahari. Kebutuhan cairan di dalam tubuh otomatis makin bertambah. Jika itu terjadi, tubuh mudah lelah

Tentu karena perubahan pola tidur, kadang rasa lelah dan kantuk datang tiba-tiba saat mengemudi. Nah untuk itu, yuk simak tips mengemudi selama Ramadan berikut ini.

tips mengemudi

tips mengemudi

tips mengemudi tips mengemudi

tips mengemudi tips mengemudi

Selain tips mengemudi mengemudi selama Ramadan di atas, kamu perlu tahu kalau puasa itu dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Jadi bukan hanya ibadah, dengan puasa hematopoietik (proses pembentukan komponen sel darah) akan bekerja dengan cara mengeluarkan sel-sel imunitas tubuh lebih baik, seperti sel limfosit T dan sel limfosit B untuk pertahanan tubuh.

Baca juga: Waktu Olahraga Terbaik Saat Puasa untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Sel limfosit T dan sel limfosit B tersebut dapat menghasilkan antibodi untuk melawan berbagai virus atau kuman yang masuk.

Jangan lupa untuk selalu berolahraga. Waktu olahraga terbaik saat puasa adalah sesudah sahur dan sebelum berbuka.

tips mengemudi

Imbangi tubuh dengan makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, dan lain-lain.

Sementara untuk cairan, asupan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari. Kamu bisa perbanyak minum air putih dan kurangi minuman manis, termasuk minuman isotonik, serta minuman ber-caffeine tinggi, seperti kopi dan teh.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

Minumlah air putih sebanyak 250-500 mililiter sebelum makan, karena saat perut kosong tubuh cenderung lebih cepat menyerap air. Selain itu, meminum air putih sebelum makan juga mampu menahan nafsu makan yang berlebihan.

Jadi, bagi kamu yang masih mampu melakasanakan puasa, usahakan jangan sampai meninggalkannya, ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.