MotoGP Mandalika 2022

Safety Car BMW yang Mejeng di MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022 atau yang bernama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia sukses digelar pada pada 20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ya, Setelah 25 tahun berlalu, MotoGP kini kembali digelar di Indonesia dan menjadi kebanggaan nasional. Terakhir, Indonesia didaulat sebagai tuan rumah gelaran balap motor kelas para raja ini pada tahun 1997 di Sirkuit Internasional Sentul.

Tidak hanya pembalap yang unjuk kebolehan di MotoGP Mandalika 2022 dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan tersebut, tapi juga BMW sebagai BMW M GmbH sebagai Official Car of MotoGP.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

BMW sendiri didaulat sebagai Official Partner of MotoGP sejak tahun 1999 dengan terlibat dan menyediakan berbagai model kendaraan BMW M sebagai Safety Car untuk gelaran MotoGP di seluruh dunia.

Selain itu sejak tahun 2021, BMW M juga menghadirkan BMW M 1000 RR Safety Bike yang merupakan motor M pertama dari BMW Motorrad untuk mengawal jalannya MotoGP.

Untuk ajang MotoGP 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesia, BMW M GmbH menghadirkan BMW M2 CS Racing dan BMW M3 Competition untuk mengawal para pembalap MotoGP.

“Selain BMW M2 CS Racing dan BMW M3 Competition, BMW Indonesia dukung Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk sukseskan MotoGP Indonesia dengan menjadi Official Mobility Partner dengan membawa BMW 330e M Sport,“ ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Baca juga: Harga Paint Protection Film (PPF) dan Kelebihan Memasangnya

Bagaimana detail BMW M2 CS Racing, BMW M3 Competition, dan BMW 330e M Sport yang mejeng di MotoGP Mandalika 2022?

MotoGP Mandalika 2022

BMW M2 CS Racing 

BMW M2 CS Racing yang hadir di MotoGP Mandalika 2022 ini diluncurkan secara global pada 14 Februari 2022 menggunakan Anniversary Design untuk merayakan ulang tahun BMW M ke-50 (50 Jahre BMW M). 

Dalam dapur pacunya, mesin BMW M2 CS Racing mampu menghasilkan tenaga hingga 450 daya kuda.

Mobil ini juga didukung teknologi khusus motorsport seperti ABS dan DSC, Limited Slip Differential mekanis dengan preload dan pendinginan terpisah, serta drive shafts yang diproduksi dan atap karbon.

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Untuk perannya sebagai Safety Car MotoGP, BMW M2 CS Racing dimodifikasi di beberapa bagian, antara lain penambahan light bar dan lampu depan.

Selain itu, livery BMW M2 CS Racing ini juga mengacu pada peringatan 50 tahun dan berdasarkan logo Anniversary BMW M GmbH.

BMW M3 Competition

BMW M3 Competition

Di Indonesia, BMW M3 Competition bersama dengan BMW M4 Competition resmi diluncurkan pada 1 Juli 2021 lalu.

Dalam sejarahnya, BMW M3 sendiri dikenalkan sejak 35 tahun lalu oleh BMW Motorsport GmbH untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) atau balap touring di Jerman yang sangat popular.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

BMW M3 Competition menggendong mesin yang sama, yakni mesin berkapasitas 3.000 cc berkonfigurasi enam silinder segaris.

Mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 3,9 detik saja dan 0 hingga 200 kilometer per jam hanya dalam waktu 12,5 detik. BMW M3 Competition memiliki kecepatan maksimal 250 kilometer per jam yang dibatasi oleh elektronik.

MotoGP Mandalika 2022

BMW 330e M Sport 

BMW 330e M Sport menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Safety Car BMW ini juga telah digunakan pada Tes MotoGP Mandalika 2022 sebagai ujian pramusim terakhir jelang MotoGP musim. 

BMW 330e M Sport menyesuaikan tema dengan BMW M2 CS Racing dan gambarkan DNA Motorsport dari BMW M dalam edisi merayakan perjalanan 50 tahunnya yang luar biasa. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Audio Mobil

BMW 330e M Sport hadir dengan teknologi BMW eDrive technology dan merupakan kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik mampu menghasilkan tenaga hingga 252 daya kuda dan torsi 420 Nm, dan hasilkan efisiensi terbaik di kelasnya. 

Mobil ini merupakan pilihan terbaik yang dapat memberikan kepuasan di dua sisi, baik untuk aspek kenikmatan berkendara dan efisiensi.

Laman: 1 2

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *