Search Cars

Review Otomotif

Perpres Diteken, Apa Saja Keunggulan Mobil Listrik?

Kehadiran mobil listrik di Indonesia sudah menemui titik terang. Sebelum kendaraan ini meluncur, apa keunggulan kendaraan tersebut?

Rencana pengembangan mobil listrik di Indonesia mulai memasuki babak baru. Bila awalnya hanya sekadar wacana, kali ini muncul titik terang akan kehadiran mobil tersebut.

 

Pasalnya, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan listrik pada hari Senin (5/8) lalu. Bahkan, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa kebijakan Perpres mobil listrik tersebut sudah mulai berlaku.

 

“Saya sudah tanda tangani (Perpres mobil listrik) hari Senin pagi. Kami ingin mendorong industri otomotif untuk segera merancang dan mempersiapkan mobil listrik di Indonesia,” kata Jokowi.

 

Berkat kabar yang disampaikan itu, masyarakat pun semakin tak sabar untuk mengendarai mobil listrik. Sebenarnya apa yang membuat mobil listrik  menjadi primadona dan begitu dinantikan?

Irit bahan bakar

Seperti yang diketahui, bahan bakar mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Mobil listrik (electric car) menggunakan baterai sebagai daya penggerak mobil yang dapat diisi ulang. Penggunaan bahan bakar ini dikenal lebih irit karena cukup menggunakan diisi ulang (di-charge) dengan mengisi daya bahan bakar di tempat pengisian energi baterai.

 

Baca juga: Ternyata, Mobil Listrik Sudah Ada Sejak Satu Abad yang Lalu

 

Sementara, mobil konvensional membutuhkan bahan bakar minyak untuk mengisi daya. Pengisian bahan bakar ini terbilang lebih mahal daripada bahan bakar mobil listrik.

 

Ramah lingkungan

Selain itu, mobil listrik dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida ke udara alias zero emission. Hal ini disebabkan oleh sistem pengisian mobil yang bukan menggunakan BBM dan tidak mengeluarkan polusi gas buangan.  Dengan begitu, mobil listrik pun disebut paling aman dikendarai dan bebas polusi udara.

 

Bebas polusi suara

Bahkan, tak hanya eco friendly, mobil listrik juga menghasilkan suara tarikan yang lebih halus, senyap, dan tidak bising. Tentu hal ini berbeda dengan mobil pada umumnya yang menggunakan mesin diesel sehingga menghasilkan suara yang keras dan cenderung berisik.

Akselerasi lebih sempurna

Bicara soal kecepatan, manuver dengan kendaraan listrik lebih bertenaga. Di mobil ini, kecepatan berkendara bakal dirasa lebih cepat berkat kerja torsi dalam waktu singkat menuju roda mobil.  Istimewanya lagi, mobil listrik juga menyematkan teknologi Intelligent Transport System (ITS) yang dapat membantu pengemudi mengerem secara otomatis jika terjadi pengereman mendadak.

 

Baca juga: Ternyata Merawat Mobil Mewah Itu Mudah, Ini Buktinya

 

Mobil mudah dirawat

Selanjutnya, apabila bicara soal perawatan, perawatan mobil listrik dikatakan jauh lebih mudah. Untuk meng-upgrade tampilan mobil ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk bahkan ganti oli atau isi ulang komponen sistem pembakaran. Mesin listrik yang digunakan dalam kendaraan tersebut lebih mudah dirawat dan treatment yang dilakukan juga ringan.

 

Hanya yang perlu diawasi dan menjadi konsentrasi Anda ialah menyoal pengisian daya dan perawatan baterai. Pasalnya, electric station—untuk mengisi daya—belum menyebar luas dan sistem fast charging juga belum merata dikembangkan.

 

Paling tidak itulah keunggulan mobil listrik. Bagaimana perkembangannya di Indonesia, kita tunggu saja, ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.