Perbedaan Helm Balap Mobil dan Balap Motor

Meskipun kelihatannya mirip, helm balap mobil dan motor ternyata memiliki perbedaan lho. Apa saja sih perbedaan tersebut?

helm balap mobil

Helm balap mobil atau motor menjadi menjadi perangkat keselamatan utama dalam sebuah kompetisi. Ya, fungsi helm itu sendiri berguna untuk melindungi area kepala agar ketika terjadi kecelakaan tidak terluka parah. 

Itulah mengapa fungsi helm pada balapan, baik itu balap mobil ataupun motor merupakan hal yang sangat penting. Pada umumnya, helm yang digunakan adalah helm jenis full face yang menutupi kepala para pembalap. 

Banyak yang menganggap helm untuk kedua balapan ini sama, namun sebenarnya berbeda. Apa saja perbedaan dari keduanya?

helm balap mobil

Helm anti api

Perbedaan pertama helm balap mobil dan motor adalah sebelum siap digunakan, helm untuk balap mobil harus sudah lulus uji tahan api.

Baca juga: Banyak Dipakai, Apa Sih Kelebihan Kaca Film 3M?

Hal ini karena pembalap mobil bisa memiliki risiko untuk terjebak di dalam mobil ketika mobil terbakar saat terjadi kecelakaan. Agar tetap bisa terlindungi, maka harus menggunakan helm yang tahan api tersebut. 

Pada mobil, biasanya memiliki lapisan tahan api di bagian dalamnya yang berbahan Nomex. Selain itu, helm untuk balapan mobil juga memiliki karet seal di area mata yang memang dirancang untuk bisa meleleh dan menutup visor helm agar tetap terlindungi. 

pembalap f1

Tahan gesekan

Berbeda dari para pembalap mobil, para pembalap motor biasanya tidak terlalu sering berurusan dengan api. Namun memang memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami benturan atau gesekan. 

Baca juga: Aturan beli Pertalite, Apa Saja Mobil yang Masuk di Dalamnya?

Itulah mengapa, para pembalap motor biasanya menggunakan helm yang tidak memiliki lapisan tahan api tetapi menggunakan helm yang tahan dari benturan dan gesekan. Akan tetapi, helm untuk pembalap mobil bukan tidak memiliki kemampuan tahan benturan. 

Pada helm balap mobil biasanya juga memiliki kemampuan tahan benturan, misalnya untuk mengantisipasi kena setir, dashboard, roll cage, atau lainnya. Meskipun memang secara keseluruhan tidak dirancang untuk tahan gesekan. 

gokart

Menjaga leher dan kepala

Pada helm balap mobil, umumnya akan melibatkan komponen ketahanan sistem penjaga kepala dan leher yang dikenal dengan istilah sistem HANS (Head and Neck Support).

Baca juga: Bedah Fitur dan Kenyamanan Interior Toyota Raize

Fungsi komponen ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera yang terjadi pada kepala dan leher, serta menjaga kepala pembalap mobil agar lebih stabil jika suatu saat terjadi kecelakaan. 

helm balap mobil

Ventilasi, aerodinamika dan kebisingan

Pada helm balap balap mobil, tidak dirancang khusus untuk mengatasi aerodinamika dan kebisingan. Berbeda dengan helm yang memang khusus untuk balap motor, yang memang butuh fitur aerodinamika dan kebisingan. 

Tidak hanya itu saja, ventilasi pada helm motor juga cenderung lebih kompleks dibandingkan pada helm balap mobil karena tidak terpapar langsung angin yang bergerak berkat adanya kaca depan mobil. 

Baca juga: 10 Ajang Balap Otomotif Paling Bergengsi di Dunia

Kemudian pada helm balap motor, juga harus memiliki visor yang lebih luas agar memudahkan para pembalap dalam melihat jalanan. 

Nah, sudah tahu kan apa saja perbedaan-perbedaan antara keduanya? Jangan sampai tertukar ya, karena ada beberapa fungsi yang berbeda meskipun keduanya sama-sama helm.