Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pasang Head Up Display, Pertimbangkan Dulu Ini Ya!

Head up display sedang naik daun. Fitur aksesoris tambahan ini memudahkan pengemudi saat berkendara. Apa saja plus minusnya?

head up display

Memasang head up display pada mobil dapat membuat tampilan di dalam kabin terkesan futuristis dan mewah. Alat apa sih sebenarnya itu?

Head up display atau sering disingkat dengan HUD mobil adalah sejenis aksesoris digital yang berfungsi menampilkan informasi dari speedometer dengan memantulkannya (proyeksi) di kaca depan mobil.

Dengan alat ini, pengemudi tidak perlu melirik ke arah speedometer untuk melihat kecepatan, informasi jumlah BBM, jarak tempuh dan sebagainya. Karena semua informasinya dipantulkan tepat di depan pengemudi.

Jenis head up display

head up display

Melihat dari jenis proyektornya, HUD mobil terbagi menjadi dua. Pertama dengan proyektor plastik, dan kedua proyektor berbahan kaca.

Baca juga: Informasi pada MID, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Proyektor plastik terbilang lebih murah dan mudah perawatannya. Sementara yang berbahan kaca riskan pecah dan membutuhkan perawatan khusus.

Tertarik memasangnya di kabin mobil kamu? Sebelum memutuskan, cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari alat head up display.

Kelebihan head up display

defensive driving

Beberapa hal dapat menjadi keuntungan memasang head up display pada mobil. Apa saja?

Baca juga: Alasan Kecepatan di Speedometer Mobil Tidak 100% Akurat

  • Tampilan kabin mobil terlihat lebih futuristis dan elegan.
  • Membantu pengemudi melihat informasi terkait kecepatan kendaraan, sisa bahan bakar, trip meter dan sebagainya.
  • Beberapa HUD mobil juga bisa memberi informasi tentang potensi kecelakaan di sekitar kendaraan, peringatan saat berpindah lajur atau informasi cuaca.
  • Head up display membantu pengemudi lebih waspada karena tidak perlu melirik speedometer dan mengalihkan pandangan dari kaca utama saat mengemudi.

Selain keunggulan di atas, ada juga faktor yang dianggap sebagai kekurangan dari pemasangan HUD mobil.

Kekurangan HUD mobil

head up display

Berikut adalah kekurangan dari pemasangan alat HUD mobil yang perlu diketahui.

Baca juga: Bisa Cegah Kebakaran, 4 Cara Cek Sekring Mobil

  • Tidak semua mobil bisa dipasang alat ini. Khususnya mobil-mobil keluaran di bawah tahun 2000.
  • Untuk jenis proyektor bahan plastik, biasanya ukuran lebih kecil dari proyektor berbahan kaca. Ini cukup menyulitkan bagi pengemudi yang tidak terbiasa melihat tampilan HUD mobil tersebut.
  • Banyaknya produk di pasar dapat membuat calon pembeli kebingungan memilih HUD mobil yang diinginkan.

Harga perangkat

uang lama

Jika tertarik memasang alat ini di kabin mobil, pastikan tersedia soket OBD (On Board Diagnostic) di bawah kemudi. Soket ini nantinya yang akan menjadi sumber listrik dari head up display

Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa melihat daftar harga alat HUD mobil yang banyak tersedia di toko aksesoris mobil. Harga belum termasuk ongkos pasang sekitar Rp 200 ribuan.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

MerekHarga perangkat
WYING HUDRp 250.000
GRIDIYANSRp 271.000
X60Rp 600.000
KONNWEIRp 890.000
RMJ HUDRp 967.000
NY OBD 2Rp 1.423.000
HUD Toyota Original Rp 2.585.000

HUD versi murah

head up display

Nah, jika ingin merasakan sensasi memakai head up display, kamu bisa menggunakan versi murah yaitu dengan aplikasi pada smartphone.

Caranya dengan mengunduh aplikasi bernama DigiHUD di Playstore atau App Store. Setelah mengunduh, tinggal masuk ke aplikasi dan pilih menu yang ingin ditampilkan, misalnya kecepatan, trip meter, average speed, dan banyak lagi.

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Kamu bisa juga memanfaatkan fitur speed limit. Atur batas kecepatan yang diinginkan. Jika mobil melaju melebihi batas itu maka tampilan layar akan berubah merah dan terdengar bunyi alarm. Keren kan? 

Setelah memilih fiturnya, kemudian letakkan smartphone di atas dasbor mobil, dan proyeksi layarnya akan terpantul di kaca mobil. Persis alat HUD mobil sungguhan! 

Diharapkan untuk tetap waspada meski telah memakai alat head up display ini ya. Jangan terlena dengan tampilan digitalnya yang keren dan futuristis, tetap fokus melihat kondisi jalan selama berkendara. Stay safe!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.