Pameran Mobil Dinas Kepresidenan Digelar di Sarinah

Penasaran melihat mobil dinas kepresidenan dari masa ke masa? Datang dan saksikan langsung di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat yuk!

mobil dinas kepresidenan

Koleksi mobil dinas kepresidenan dipamerkan dalam rangka sambut HUT RI Ke-77 pada 17 Agustus 2022. Pameran digelar di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat mulai tanggal 13-22 Agustus.

Pameran gratis yang terbuka untuk umum ini akan menampilkan koleksi mobil-mobil dinas presiden selama tujuh periode jabatan. Masyarakat dapat menyaksikan koleksinya di halaman parkir dan atap (rooftop) Sarinah.

Momen pameran ini sangat jarang, sehingga diperkirakan mobil-mobil dinas kepala negara itu akan menjadi magnet perhatian saat dipamerkan dari jarak dekat. 

Baca juga: Aturan Plat RF, Apa Sanksinya Jika Melanggar?

Ini tentu akan jadi kesempatan unik bagi masyarakat luas yang ingin swafoto di depan koleksi mobil bersejarah tersebut.

Pameran yang bertemakan “Indonesia Menjawab” juga akan menampilkan arsip dan dokumentasi negara, berupa foto dan video yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. 

Penasaran apa saja mobil yang pernah dipakai sebagai kendaraan dinas resmi para presiden Republik Indonesia tersebut? Di bawah ini beberapa dari daftar mobilnya.

Mobil dinas kepresidenan

Mobil Presiden Soekarno

Mobil paling tua yang dicatat menjadi kendaraan resmi Ir. Soekarno sebagai Presiden Pertama RI adalah merek Buick-8. 

Sejarah mobil ini awalnya pada sekitar tahun 1945,ditemukan terparkir di halaman belakang Departemen Perhubungan atau sekarang posisinya di kantor Dirjen Perhubungan Laut, Jl. Merdeka Timur.  

Baca juga: Cat Pelat Nomor Kendaraan Menjadi Putih Secara Mandiri, Apakah Boleh?

Mobil rakitan tahun 1939 tersebut bermesin 8 silinder, dengan volume 5.250 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 141 daya kuda pada 3.600 RPM.

Selain itu,  Presiden Soekarno tercatat memiliki beberapa kendaraan dinas lain, sebut saja Cadillac 75, Mercedes Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan, dan Chrysler Imperial.

Sayangnya memang tidak semua mobil tersebut dimiliki dan dirawat oleh negara. Salah satunya Chrysler Imperial generasi keenam yang menjadi saksi bisu percobaan pembunuhan Sang Proklamator di Cikini, tahun 1957. 

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Peristiwa yang dikenal dengan sebutan ‘Peristiwa Granat Cikini’ itu menjadi percobaan pembunuhan Presiden RI yang gagal. Kini, mobil telah berpindah tangan ke seorang kolektor di Surabaya.

Mobil Presiden Soeharto

Presiden Kedua RI, Soeharto menggunakan kendaraan dinas Cadillac Fleetwood 75 rakitan tahun 1966. Hingga akhir masa jabatannya pada 1998, kendaraan dinas telah beberapa kali berganti.

Mobil yang cukup lama menemani presiden berjuluk The Smiling General itu adalah Cadillac Fleetwood Brougham rakitan tahun 1980. 

Dibekali oleh mesin V8 bervolume 4.100 cc, mobilnya mampu menyemburkan tenaga 135 daya kuda dan torsi puncak 260 Nm. Mesinnya memakai transmisi otomatis 4 percepatan.

Mobil Presiden Habibie dan Presiden Gus Dur 

Pada era presiden berikutnya, Presiden B.J. Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur sempat menggunakan mobil dinas lungsuran presiden Soeharto yaitu Mercedes Benz S280.

Baca juga: Lexus LX 600 Resmi Meluncur, SUV Mewah Sekaligus Tangguh

Mobil ini berbeda dari mobil dinas lain karena hadir dalam warna putih. Mesinnya 6 silinder DOHC, kapasitas 2.800 cc dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Mobil mampu berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam tempo 11 detik.

Tenaga maksimal sebesar 156 daya kuda dan torsi puncak 223 Nm. Mobil juga diklaim menenggak BBM 15,1 liter untuk jarak 100 kilometer.

Mobil ini sempat bertugas di era Presiden Soeharto pada tahun 1983-1998, kemudian Presiden B.J. Habibie tahun 1998-2000 dan terakhir Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2000 sampai 2001.

mobil dinas kepresidenan

Mobil Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Pada periode ini, mobil dinas yang cukup lama dipakai adalah Mercedes Benz S600. Baik Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasakan jasa mobil kenegaraan buatan Jerman itu.

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

Namun pada tahun 2007, peremajaan dilakukan dengan menggantinya ke Mercedes Benz S600 Guard dengan lapisan anti peluru. 

Mobil ini memiliki spesifikasi mesin 6.000 cc, 12 silinder turbo ganda, dengan tenaga maksimal adalah 530 daya kuda dan torsi puncak 830 Nm! Transmisi otomatisnya mensuplai kecepatan maksimum sampai 250 kilometer per jam.

Lapisan anti peluru pada bodinya diklaim mampu menahan serangan granat dan tembakan senapan mesin ringan. Mantap jiwa!

Mobil Presiden Joko Widodo

Pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi), mobil dinas kepresidenan masih menggunakan Mercedes Benz S600 Guard. Setelah berdinas selama 12 tahun, dan pernah beberapa kali mogok, negara akhirnya memperbarui mobil tersebut.

Baca juga: Saksikan Upacara HUT RI ke-77 Secara Virtual, Ini Cara Daftarnya

Pada tahun 2020 kemarin, versi pembaruan Mercedes Benz S600 Guard telah tiba di Jakarta. Dibekali mesin V12 yang sanggup menghasilkan daya maksimum 530 daya kuda, dan torsi maksimum 830 Nm. Transmisinya otomatis 7G-Steptronic, mampu menghasilkan kecepatan 210 kilometer per jam. 

Selain mobil tersebut, kendaraan lain yang sering dipakai bertugas dan wira-wiri oleh Presiden Jokowi adalah Mercedes Benz L600 Pullman Guard, Toyota Land Cruiser 200, Lexus LX570, Toyota New Alphard dan Toyota Vellfire.   

Nah, itulah beberapa mobil dinas kepresidenan yang diperkirakan bakal hadir saat pameran di Gedung Sarinah saat HUT RI Ke-77. Kira-kira, kamu mau berfoto dengan mobil yang mana nih?