Search Cars

Tips & Rekomendasi

Punya Mobil Tetapi Belum Punya Garasi? Ini Tipsnya

“Punya mobil, punya garasi rumah juga dong!” begitulah keluh kesah warga yang depan rumahnya kerap terhalang mobil tetangganya yang tidak memiliki garasi.

 

Ya, walau pun parkir di depan rumah sendiri, tapi itu tetap merupakan fasilitas umum milik bersama.

 

Di Jakarta, aturan tentang garasi rumah ini tertuang dalam Pasal 140 Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

 

Dalam pasal itu disebutkan, pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi dan tidak boleh memarkir kendaraannya di jalan.

 

Warga atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

 

Selain mengganggu lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan, parkir sembarangan juga memiliki beragam resiko seperti pencurian kendaraan bermotor, tertabrak kendaraan lain, hingga kerusakan cat akibat cuaca.

 

Jika Anda memang punya rezeki dan sanggup beli mobil, tapi memiliki lahan parkir rumah terbatas untuk garasi, berikut tips punya mobil tapi belum punya garasi.

 

Baca: Mobil Anda Diderek karena Parkir Sembarangan? Ini Cara Mengurusnya

 

Renovasi rumah

Ada baiknya jika sudah berniat beli mobil , Anda bisa menyulap beberapa bagian rumah untuk jadi garasi. Ruang tamu mungkin bisa direnovasi untuk dijadikan garasi karena letaknya di bagian depan rumah.

 

Parkir di kantor

Jika tidak digunakan untuk aktivitas sehari-hari, Anda dapat memarkirkan mobil di kantor. Biasanya perusahaan atau kantor tempat kerja memiliki lahan parkir yang cukup luas dan gratis, nah manfaatkanlah.

 

Titip keluarga

Selain parkir di kantor, Anda juga bisa menitipkan mobil di rumah angoota keluara lain yang memiliki lahan lebih di garasinya. Biasanya, jika tidak keberatan anggota keluarga akan memaklumi kalau Anda belum memiliki garasi sendiri.

 

Manfaatkan garasi tetangga

Selanjutnya, jika punya mobil tapi tidak punya garasi, namun tetangga Anda sebaliknya. Nah, Anda bisa negosiasi tetangga itu untuk menyewa atau meminjam garasinya. Akan lebih baik jika hanya sementara saat Anda menyiapkan garasi.

 

Lahan parkir sewaan

Di Jakarta ada beberapa lahan parkir sewaan, di antaranya adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan Wisma Indomobil.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari lahan parkir sewaan melalui aplikasi. Saat ini tersedia aplikasi CariParkir yang dapat diunduh di smartphone. Aplikasi ini akan membantu mencari lahan parkir sewaan yang terdekat dengan lokasi Anda.

 

Tapi jangan terlena, Anda harus tetap berusaha agar punya garasi rumah sendiri demi alasan keamanan yang lebih terjamin.

 

Baca juga: Ini Solusi Parkir Mobil Tanpa Pakai Khawatir

 

Ingat, parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya. Sedangkan berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

 

Jangan sampai, mobil Anda diderek petugas Dinas Perhubungan (Dishub) karena parkir sembarangan!

parkir sembarangan diderek

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.