Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Sering Ngecas HP di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

Kebiasaan ngecas HP di mobil seringkali dilakukan oleh para pengemudi ketika sedang berkendara. Apa bisa membuat aki cepat soak?

ngecas HP di mobil

Kebiasaan ngecas HP di mobil ternyata jika dilakukan terus-menerus bisa membuat aki soak atau rusak. Akan tetapi, kebiasaan ini kerap dilakukan pengemudi terutama yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. 

Agar bisa tetap berkomunikasi dengan lancar, pilihan untuk ngecas HP di mobil seringkali dilakukan. Untuk mempercepat pengisian, kebiasaan ini pun  kerap dilakukan. Namun, apakah memang kebiasaan ini bisa berpengaruh pada kualitas aki?

Kebiasaan ngecas HP di mobil

wireless charger

Sebenarnya, kebiasaan ini boleh saja dilakukan oleh para pengemudi yang sedang berkendara. Tidak perlu khawatir juga kalau akan menyebabkan aki soak atau baterai ponsel rusak. 

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Baru dan Mobil Bekas Saat Kamu Membelinya

Hal ini karena manajemen daya kelistrikan di mobil-mobil, terutama yang keluaran baru sudah semakin canggih. Dengan begitu berbagai masalah seperti itu bisa dihindari. 

Selain itu, daya listrik yang diperlukan untuk ngecas HP di mobil itu juga sangat kecil. Daya listrik yang dibutuhkan sangat kecil sehingga nyaris tidak akan berdampak pada aki mobil itu sendiri. 

Penggunaan daya listrik di mobil

nyalakan ac mobil

Penggunaan daya listrik yang paling besar justru terdapat pada AC dan juga lampu mobil. Bisa dibilang dengan sering ngecas HP di mobil tidak akan menyebabkan aki soak, meskipun memang sebaiknya ada beberapa perhatian khusus. 

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Pengemudi yang suka melakukan kebiasaan ngecas HP di mobil sebaiknya menggunakan adaptor charger. Pastikan juga menggunakan kabel charger ponsel dari merek terpercaya karena sudah pasti kualitasnya terbaik. 

Hal tersebut ditujukan supaya aki dan HP tetap aman, begitu juga dengan power outlet mobil. 

Kapan aki mobil  harus diganti?

Mengetahui kapan aki mobil harus diganti, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan. Apa saja itu?

Usia aki mobil

aki mobil

Salah satu cara mengetahui kapan aki mobil harus diganti adalah dengan mengetahui usia pemakaiannya. Sama seperti komponen mobil lainnya, aki juga memiliki batas pemakaian yang diberikan oleh bengkel pada saat tanggal pembelian. 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Masuk Jalur Contra Flow

Pada umumnya, aki memiliki waktu pemakaian sekitar 2 tahun tetapi waktu tersebut akan berbeda-beda tergantung dari pemakaian dan cara perawatannya. Mengingat harganya yang cukup mahal, usahakan untuk melakukan perawatan dengan tepat. 

Mobil sulit dinyalakan

ngecas HP di mobil

Tanda lainnya adalah mesin mobil yang sulit dinyalakan karena air aki yang sudah berada di bawah batas minimum. Kondisi ini akan mengganggu aliran daya listrik ke starter mobil. 

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Bagi pengguna aki kering, mesin akan sulit dinyalakan karena guncangan yang merusak cell di dalam aki atau karena memang usia pemakaian aki yang sudah lama.

Masalah pada klakson dan lampu

membunyikan klakson

Jika klakson mobil sudah lemah atau sering terdengar brebet berarti aki mobil harus diganti. Tidak hanya itu saja, masalah pada aki akan memengaruhi kondisi lampu mobil misalnya saja membuat nyala lampu menjadi redup.  

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Meskipun memang, untuk lampu yang redup ini tidak selalu disebabkan karena aki mobil. Penyebab lainnya bisa saja karena memang usia lampu yang sudah tua dan sudah waktunya untuk diganti. 

Jadi, tetap cek beberapa tanda tersebut ya untuk mengetahui kondisi aki mobil. Tentunya bukan selalu karena kebiasaan ngecas HP di mobil bukan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.