Mengenal Tujuan, Makna, dan Arti Logo HUT RI Ke-75

By Arris Riehady - August 13, 2020

Logo HUT RI Ke-75 terinspirasi dari simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Apa artinya?

Logo HUT RI Ke-75

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan tersendiri. Salah satunya adalah arti logo HUT RI Ke-75.

Setiap tahunnya, saat menjelang kemerdekaan, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia mengeluarkan logo dan panduan penggunaannya.

Tema besar peringatan HUT RI Ke-75 adalah Indonesia Maju. Tema tersebut merupakan sebuah representasi dari Pancasila Sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara, pembuatan logo HUT RI Ke-75 memiliki relevansi dengan tujuan yang baru, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga: Makna dan Filosofi Lomba 17 Agustus yang Jarang Diketahui

Hal tersebut guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai pondasi negara untuk bisa menghadapi persaingan global.

Logo HUT RI Ke-75

Arti logo HUT RI Ke-75

Logo HUT RI Ke-75 terinspirasi dari simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan.

Selain itu, logo HUT RI Ke-75 menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progress nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Tiap goresan dalam logo HUT RI Ke-75 pun memiliki arti tersendiri. Lengkapnya dapat dilihat pada gambar di halaman berikutnya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!