Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mana Lebih Untung, Rental Mobil atau Punya Mobil Sendiri?

Memilih antara rental mobil atau beli mobil mungkin bisa sedikit membingungkan. Kira-kira pilihan mana yang lebih untung ya?

rental mobil

Pembahasan mengenai rental mobil atau beli mobil cukup menarik. Terutama bagi yang memiliki budget terbatas dan membutuhkan mobil untuk menunjang aktivitas mereka setiap harinya. 

Saat ini memang ada banyak orang yang lebih memilih untuk sewa mobil dibandingkan harus membeli. Hal ini dilakukan karena berbagai alasan, salah satunya adalah perawatan yang lebih simpel dan mudah dibandingkan memiliki mobil sendiri. 

Namun, tentu saja ada berbagai kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan tersebut. Entah itu memilih rental mobil atau beli mobil sendiri. 

Kelebihan rental mobil

Jika ingin memilih untuk rental mobil, apa saja kelebihan yang akan didapat? Inilah penjelasan lengkapnya: 

Rental mobil tidak perlu servis

rental mobil

Kelebihan rental mobil yang pertama adalah bebas biaya servis bulanan. Pada saat menyewa mobil, biasanya pihak yang menyewa hanya butuh menghubungi pihak perusahaan rental dan biasanya pihak perusahaan rental yang mengurus servis rutin. 

Baca juga: Cara Mengurus STNK Hilang yang Bukan Atas Nama Sendiri

Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan lagi biaya servis atau perawatan mobil. Tentunya hal ini bisa membuat pengeluaran menjadi lebih hemat karena tidak ada biaya servis bulanan yang harus dikeluarkan. 

Bebas biaya asuransi dan perpanjang STNK

Kelebihan lain biaya rental mobil lainnya adalah bebas biaya asuransi, pajak, serta perpanjang STNK. Hal ini karena biaya yang dibayarkan pada saat meminjam mobil biasanya sudah termasuk dengan biaya-biaya lainnya. 

Biaya towing gratis

towing mobil

Beberapa perusahaan rental mobil juga biasanya menyediakan berbagai layanan after sales. Salah satunya adalah jasa towing gratis apabila mobil yang disewa mengalami kerusakan di jalan alias mogok.

Baca juga: Cat Pelat Nomor Kendaraan Menjadi Putih Secara Mandiri, Apakah Boleh?

Hal ini tentu saja menjadi kelebihan rental mobil lainnya. Dengan begitu, pihak yang menyewa mobil akan merasa aman jika mobilnya tersebut mengalami masalah ketika berada di jalanan. 

Kekurangan rental mobil

Selain kelebihan, ternyata rental mobil juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah biaya bulanan biasanya terbilang cukup mahal. 

Selain itu, jika ingin menyewa mobil tidak bisa dilakukan per hari. Buat yang ingin menyewa mobil durasi minimalnya adalah 1 bulan.

Kelebihan beli mobil

beli mobil akhir tahun

Jika memiliki budget lebih, pilihan beli mobil mungkin bisa menjadi pilihan. Lantas, apa saja kelebihannya? 

Bisa melakukan modifikasi

Kelebihan beli mobil adalah pemilik bisa mengubah atau bahkan melakukan modifikasi karena milik sendiri. Bagi pemilik yang bosan dengan bentuk mobil yang diterima dari pabrik, bisa melakukan modifikasi sehingga tampilan dan performa mobil lebih meningkat. 

Dijadikan investasi

Beberapa jenis mobil, terutama  mobil-mobil yang langka bisa dijadikan sebagai alat untuk investasi. Jenis mobil tertentu, terutama yang edisi terbatas biasanya memiliki harga jual yang lebih mahal. 

Baca juga: Tidak Bayar Pajak Lebih dari 2 Tahun, Kendaraan Dianggap Bodong?

Harga yang meningkat tersebut, bisa didapatkan jika kondisi mobil masih dalam kondisi prima dan maksimal. Apalagi jika suku cadang mobil tersebut masih dalam kondisi asli dan terawat tentunya. 

Beli mobil di tempat yang tepat

apa itu SEVA?

Buat yang ingin membeli mobil baru, pilihlah tempat yang terpercaya dan langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Mau beli mobil baru, pilih yang  #JelasDariAwal hanya di SEVA ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.