Search Cars

Berita Utama Otomotif

Lokasi Samsat Keliling dan Perpanjang SIM Jabodetabek Bulan Juli 2022

Informasi terkini lokasi Samsat Keliling dan Perpanjang SIM di wilayah Jabodetabek bulan Juli 2022. Jangan sampai kelewatan!

samsat keliling

Mobil dan lokasi Samsat keliling bisa menjadi pilihan untuk para pemilik kendaraan yang mungkin tidak sempat mendatangi langsung kantor Samsat. Misalnya saja untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang dimiliki. 

Hal ini tentunya akan lebih mempermudah, apalagi lokasinya juga cukup tersebar di beberapa daerah. Tinggal menentukan saja lokasi yang paling dekat dengan rumah, meskipun memang terkadang harus mengantre. 

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No.5 tahun 2015, Samsat adalah akronim dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Fungsinya untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan dan BBN-KB.

Baca juga: Catat! Inilah Lokasi Sim Keliling Jakarta

Sementara untuk proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) harus dilakukan di kantor Polres, Polda atau gerai-gerai SIM yang banyak tersebar di Ibukota. Jadi jangan salah lokasi ya, misal ingin mengajukan perpanjangan SIM tidak bisa dilakukan di mobil Samsat  keliling.  

Di bawah ini adalah lokasi untuk keperluan perpanjangan SIM serta lokasi mobil Samsat keliling selama bulan Juli 2022 di wilayah Jabodetabek.

samsat keliling

Lokasi perpanjang SIM Jabodetabek

Lokasi ini dapat digunakan masyarakat untuk memperpanjang SIM yang belum habis atau kadaluarsa masa berlakunya. Berikut lokasinya:

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Baca juga: Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina, Bagaimana Caranya?

Lokasi Samsat Jabodetabek 

Untuk pembayaran pajak kendaraan, dapat dilakukan di lokasi Samsat yang banyak tersebar di sekitar Jabodetabek. Di bawah ini adalah daftar lokasinya.

Baca juga: Aturan beli Pertalite, Apa Saja Mobil yang Masuk di Dalamnya?

samsat keliling

Lokasi SAMSAT keliling

Selama bulan Juli 2022 ini, lokasi mobil Samsat keliling di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dapat dicek pada lokasi berikut: 

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI, Bagaimana Aturannya?

Sebagai informasi, layanan mobil SIM Keliling Polda Metro Jaya hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang masa berlakunya belum habis. Apabila masa berlaku SIM telah terlewati atau kadaluarsa, maka akan dikenakan aturan penerbitan SIM baru.

Biaya dan syarat

Untuk biaya perpanjangan sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A. Sementara biaya Rp. 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Bagi para pengemudi kendaraan bermotor yang ingin memperpanjang SIM, sebaiknya menyiapkan sejumlah dokumen asli dan fotokopi sebagai syarat perpanjangan.

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku,
2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Cek Kesehatan,
4. Bukti Tes Psikologi.

Baca juga: Kenapa Mobil Penggerak Roda Depan Susah Nanjak?

Sesuai dengan peraturan setiap orang yang mengemudikan kendaraan dijalan raya wajib mengantongi SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. 

Sanksi berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 106 ayat (5) huruf b UU No.22/2009 tentang LLAJ, di mana jika pengemudi tidak bisa menunjukkan SIM atau tertinggal, maka akan dikenakan denda sebesar Rp 250.000 atau sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan.

Nah, buat yang ingin mendatangi Samsat keliling atau lokasi perpanjang SIM yang paling update bisa juga melihatnya di Instagram @tmcpoldametro atau Twitter @TMCPoldaMetro langsung ya! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.