Search Cars

Travel & Lifestyle

Langkah Mudah dan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

Sampah plastik menumpuk di rumah? Saatnya untuk segera mengurangi sampah plastik dengan hal sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari. Yuk, ikuti tipsnya!

mengurangi sampah plastik

Penggunaan barang berbahan plastik memang sulit untuk dihindari dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Karena sifatnya yang ringan, mudah ditemukan, dan kuat menjadikan plastik praktis untuk digunakan.

 

Hal tersebut tak jarang membuat konsumsi plastik di rumah menjadi berlebihan sehingga sampah yang dihasilkan pun seringkali menumpuk.

 

Sampah plastik dikenal sangat sulit untuk diurai, butuh puluhan sampai ratusan tahun untuk sampah plastik terurai secara alami. Sampah plastik yang menumpuk tanpa disadari juga berbahaya dan dapat mengancam kesehatan serta keseimbangan lingkungan sekitar.

 

Baca juga: Jangan Disepelekan Cara Mengecat Rumah, Perhatikan Hal Ini Dulu

 

Meski penggunaan plastik sangat sulit dihindari, namun sangat mungkin untuk dikurangi terutama dengan mengubah kebiasaan kecil di rumah. Upaya apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik?

mengurangi sampah plastik

Bawa tas belanja

Jika Anda terbiasa menggunakan tas belanja plastik, mulai sekarang cobalah gunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali. Anda bisa memilih model tas tote bag atau eco bag berbahan kanvas atau kain yang mudah dilipat sehingga mudah disimpan.

 

Cara ini mungkin terlihat kecil namun, dengan membiasakan diri untuk membawa tas belanja, Anda tidak hanya dapat mengurangi tumpukan tas plastik saja, tapi juga menghemat biaya penggunaan plastik yang sering Anda temui jika berbelanja di supermarket.

 

Baca juga: Sebelum Jual Beli Tanah, Pahami Proses Berikut Ini Agar Tidak Dirugikan

mengurangi sampah plastik

Tempat makan dan botol minuman

Selain membawa tas belanja, untuk mengurangi sampah plastik, ada baiknya bawa juga selalu kotak makan dan botol minuman yang dapat digunakan kembali.

 

Cara yang satu ini bukan hanya mengurangi sampah plastik tapi juga dapat membuat Anda terhindar dari bakteri dan virus berbahaya yang berpotensi terdapat pada kemasan makanan atau minuman yang dijual di pasaran.

 

Baca juga: Tips Cara Memilih KPR Supaya Tidak Bingung Beli Rumah

 mengurangi sampah plastik

Batasi pemakaian kemasan plastik

Sisa kemasan adalah jenis sampah plastik yang paling banyak kita hasilkan sehari-hari. Sampah plastik jenis ini memang sangat sulit untuk dihindari namun tetap dapat dikurangi.

 

Misalnya dengan membeli toiletries dalam jumlah yang besar sehingga Anda bisa meminimalisir banyaknya sampah kemasan yang dihasilkan.

 

Baca juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Beli Rumah Pertama Kali

 mengurangi sampah plastik

Makanan dalam wadah kaca 

Dengan menyimpan makanan di dalam wadah kaca, Anda bukan hanya dapat mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik, tapi juga ikut menjaga kualitas makanan yang Anda konsumsi.

 

Material kemasan kaca cenderung lebih aman dan sehat dibandingkan wadah plastik yang berbahaya.

 

Baca juga: 5 Filosofi Feng Shui dalam Mendekorasi Rumah

mengurangi sampah plastik

Daur ulang

Selain berusaha mengurangi sampah plastik, Anda juga bisa menerapkan konsep 3R (reduce, reuse, and recycle).

 

Anda bisa memanfaatkan sampah plastik untuk digunakan kembali atau di daur ulang. Gunakan kreativitas Anda untuk mengolah sampah plastik tersebut menjadi barang fungsional.

 

Seperti menggunakan sampah botol plastik untuk media bercocok tanam. Dengan cara ini Anda dapat menekan sampah plastik yang terbuang percuma.

 

Baca juga: Jadikan Rumah Makin Indah dengan Desain Interior Artistik Berikut!

mengurangi sampah plastik

Nah, itu dia upaya sederhana untuk mengurangi sampah plastik yang bisa dimulai dari kebiasaan kecil. Perubahan besar dimulai dari diri sendiri, bukan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.