Search Cars

Keuangan

Jangan Buru-Buru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Gadai BPKB Mobil

Gadai BPKB mobil sering jadi pilihan untuk mendapat dana segar tanpa harus meminjam ke bank. Apa kelebihan dan kekurangannya?

gadai BPKB mobil

Gadai BPKB mobil bisa menjadi solusi bagi para pemilik kendaraan saat membutuhkan dana untuk keperluan mendesak. Hal ini bisa jadi karena ketika ingin mengajukan pinjaman di bank, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Berbeda dengan proses yang ditawarkan oleh lembaga penyedia gadai, biasanya butuh waktu yang cukup cepat bahkan tidak sampai 1 hari. Namun buat para pemilik kendaraan yang ingin menggadaikan mobilnya, jangan melakukan secara buru-buru. 

Pilih lembaga yang aman dan terpercaya, yaitu yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). 

Kelebihan gadai BPKB mobil

bpkb rusak

Terdapat beberapa kelebihan gadai BPKB mobil yang bisa dirasakan oleh para pemilik kendaraan. Apa saja itu? 

Syarat yang mudah

Salah satu kelebihan gadai BPKB mobil adalah persyaratan yang mudah. Pemilik kendaraan hanya butuh KTP Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB.

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan yang Gajinya Bisa Buat Beli Mobil Impian

Jangan lupa, seluruh persyaratan tersebut harus tersedia dalam bentuk asli maupun dalam bentuk fotokopi. 

Pencairan dana yang cepat

mengatur uang thr

Tidak hanya persyaratan yang mudah, kelebihan gadai BPKB mobil lainnya adalah proses pencairan dana yang sangat cepat. Proses pencairan dana biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari proses pengajuan hingga dana pinjamannya cair. 

Biasanya juga, dana yang diterima bisa dalam bentuk uang cash ataupun bisa di transfer secara langsung ke rekening peminjamnya. Itulah mengapa, gadai BPKB mobil bisa menjadi pilihan yang tepat ketika butuh dana cepat. 

Tidak butuh rekening tabungan

Pada saat ingin melakukan pinjaman di bank, biasanya diharuskan untuk memiliki rekening tabungan di bank tersebut lebih dulu. Berbeda jika hanya ingin melakukan gadai, biasanya tidak harus memiliki rekening tabungan dulu untuk melakukan pencairan dananya. 

Lebih terpercaya serta aman

tips keuangan karyawan

Menyerahkan BPKB mobil ke lembaga penyedia gadai, terutama yang sudah resmi pastinya sudah terjamin keamanannya. Jika terjadi sesuatu dengan BPKB mobil, lembaga penyedia gadai akan bertanggung jawab secara penuh. 

Masa tenggang untuk pelunasan

Kelebihan lainnya adalah terdapat masa tenggang pelunasan. Biasanya masa tenggang pelunasan yang diberikan adalah 2 minggu setelah jatuh tempo dan tidak dikenakan bunga. 

Baca juga: Dunia Terancam Resesi, Ini Cara Berinvestasi Bagi Pemula

Jika masa tenggang sudah habis dan peminjam masih belum bisa melunasi utangnya, bisa memperpanjang waktu cicilan secara berkala. Perpanjangan waktu cicilan ini bisa dilakukan sampai peminjam bisa melunasi cicilannya dengan hanya membayar sewa bunganya saja.

Mendapatkan uang tambahan 

uang pesangon

Selain melakukan gadai BPKB mobil, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mendapatkan uang tambahan. Untuk bisa mendapatkan uang tambahan, kamu bisa mencoba bisnis baru atau menjadi Teman SEVA

Teman SEVA  merupakan sebuah program insentif dari SEVA agar bisa dapat uang tambahan mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. 

Bagaimana caranya?

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA   ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan. 

Langkah-langkah 

loan calculator SEVA
  1. Share link yang terdapat di dashboard Teman SEVA ke calon konsumen. 
  2. Calon konsumen mencari mobil baru melalui link yang diberikan Teman SEVA.
  3. Jika sudah dilakukan, pelanggan bisa melakukan Instant Approval di website SEVA menggunakan nomor handphone dan nama yang terdaftar. 
  4. Setiap transaksi yang dilakukan sampai selesai (sudah menerima BSTK) dan sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku, akan terhitung sebagai referral dan kamu pun berhak mendapat langsung insentifnya. 

Pembayaran insentif akan dilakukan 7-14 hari kerja sejak mobil diterima oleh konsumen Teman SEVA. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan yang ada, bisa langsung menghubungi infotemanseva@seva.id.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi Teman SEVA? Dengan penghasilan tambahan, dijamin tidak perlu gadai BPKB mobil lagi deh. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.