Search Cars

Keuangan

Ingin Naik Bus Tingkat Transjakarta, Kini Beroperasi Setiap Hari

Bus wisata Transjakarta pada awalnya hanya beroperasi setiap akhir pekan saja untuk masyarakat. Kini, sudah beroperasi setiap hari lho.

bus tingkat transjakarta

Bus wisata Transjakarta seringkali menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan akhir pekannya. Namun sekarang ada kabar baik bagi masyarakat yang ingin menjelajahi Ibu Kota Jakarta menggunakan bus wisata tersebut. 

Pasalanya bus double decker yang biasa disebut dengan bus Jakarta Explorer tersebut akan beroperasi setiap hari. Jadwal operasi bus double decker tersebut sudah dimulai sejak tanggal 30 Oktober 2023.

Sebelumnya bus tingkat ini hanya beroperasi pada Selasa – Minggu, lalu sempat vakum dua tahun karena pandemi. Dan pada akhirnya kembali beroperasi sejak 2022.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Kini, berdasarkan informasi dari Instagram @pt_transjakarta, bus ini nantinya akan melayani penumpang mulai pada pukul 10.00 -17.00 WIB.

Sebagai informasi, bus ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di kota Jakarta. Bus wisata ini juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi. 

Kemudian juga akan ada bus attendant atau tour guide yang ada di dalam bus tersebut. Bus attendant tersebut nantinya dapat memberikan penjelasan mengenai ikon – ikon kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut.

Tarif gratis bus tingkat Transjakarta dan rutenya

Rute transjakarta

Dengan bus wisata ini, masyarakat dapat berkeliling kota Jakarta secara gratis dengan menggunakan kartu uang elektronik. Penumpang hanya perlu menempelkan kartu uang elektronik pada mesin TOB, nantinya saldo uang elektronik tidak akan terpotong.

Baca juga: Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Dari laman resmi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), rute bus wisata Transajakarta BW1 Sejarah Jakarta memiliki titik pemberhentian. Di antaranya ada di Juanda Istiqlal-Kali Besar Barat 1-Museum Bank Indonesia.

Rute bus tingkat Transjakarta

transjakarta busway

Buat masyarakat yang ingin menggunakan bus tingkat Transjakarta ini, sebaiknya ketahui rute lengkapnya ya. Ini rute lengkapnya: 

  1. Rute BW 10 Monas Explorer titik pemberhentiannya ada  di IRTI-Gambir 2-Gambir 1-Juanda Istiqlal-Monas 1-Monas 2-Monas 3.
  2. Rute BW 4 Pencakar Langit jadi rute yang paling banyak titik pemberhentiannya. Titik pemberhentiannya adalah: Mulai dari IRTI kemudian lanjut ke Balai Kota 1-MH Thamrin 1-Wisma Nusantara-Tosari 1-Dukuh Atas 3-Karet Sudirman 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 3-FX Sudirman-GBK Pintu 7-Tosari 2-Plaza Indonesia-MH Thamrin 2-Museum Nasional-Pecenongan 1-Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta-Monas 1-Monas 3-IRTI.
  1. Sementara rute BW 9 Kota Tua-PIK meliputi Kali Besar Barat 1-Buddha Tzu Chi-Gold Coast-Food Street-PIK 2 Pantjoran-Melody Golf-Pantai Maju-Melody Golf 2-Seberang Food Street-The Piano-Fresh Market PIK-PIK Evenue.

Bus wisata Transjakarta sendiri cukup diminati masyarakat yang ingin berwisata dengan moda transportasi publik. Terutama untuk masyarakat yang ingin bepergian ke tempat bersejarah, kuliner maupun hiburan. 

Baca juga: Aturan Beli BBM Subsidi Diperluas, Ini Syarat dan Caranya

Data dari Transjakarta selama perayaan Idulfitri lalu, ada banyak masyarakat umum yang menggunakan moda transportasi ini. Berdasarkan data pada tanggal 23 sampai dengan 24 April 2023 lalu, terdapat 9.468 warga yang menggunakan bus tingkat double decker ini. 

Untuk itu, bagi masyarakat yang sekarang ingin mencoba menggunakan bus tingkat ini bisa dilakukan setiap hari. Jadi, catat rute-rute diatas ya jika kamu ingin mencoba bus wisata Transjakarta yang sudah mulai beroperasi setiap hari ini ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.