Deretan Mobil Murni Buatan Indonesia Selain Esemka

By Rismawati Idris - September 11, 2019

Sebelum Esemka, Indonesia sudah pernah membuat mobil asli karya anak bangsa lainnya. Ada yang belum tau? Yuk, kenalan dengan

Belum lama ini, Presiden Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik seluas 12.500 meter persegi ini dikelola oleh PT Solo Manufaktur Kreasi, yang sekaligus menjadi pemegang merek Esemka.

Dengan adanya pabrik untuk mobil Esemka, diharapkan industri otomotif Indonesia dapat menjadi lebih baik.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mobil-mobil buatan dalam negeri sebelumnya selalu menemui kebuntuan saat fase produksi maupun pemasaran, dan akhirnya mundur teratur dari persaingan pasar otomotif tanah air.

Tercatat, ada sejumlah mobil buatan dalam negeri yang dibuat sebelum mobil Esemka. Mulai dari mobil sedan sampai dengan mobil pertanian. Lebih lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

Maleo

Mobil pertama adalah Maleo, yang dirilis pertama kali sekitar tahun 1993 oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang bekerja sama dengan Rover, perusahaan manufaktur otomotif asal Inggris.

Secara keseluruhan, kandungan lokal yang terkandung di dalam mobil ini mencapai sekitar 60 sampai 70 persen.

Baca juga: Melirik Calon Mobil Dinas Presiden Jokowi, Bermesin Buas dan Tahan Bom

Mobil yang juga melibatkan B.J. Habibie dalam perakitannya ini sukses membuat 11 rancangan mobil sampai tahun 1997. Namun, lantaran krisis moneter melanda Indonesia,

Maleo ikut terkena imbasnya. Perjalanan Maleo sebagai mobil buatan dalam negeri akhirnya terhenti.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.