Search Cars

Tips & Rekomendasi

Coba Deh Perpanjang SIM di Aplikasi Sinar, Mudah dan Cepat!

Aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) jadi cara efektif dan efisien bisa perpanjang SIM secara online. Yuk, kepoin caranya.

aplikasi sinar

Di artikel kali ini SEVA akan membahas cara pakai aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi), untuk memperpanjang SIM secara online.

Sebelumnya Korlantas Polri telah meluncurkan aplikasi Sinar ini pada April 2021 silam. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM.

Terkait dengan tata cara pembuatan SIM baru itu, Korlantas Polri juga menyiapkan informasi dan layanan pengaduan call center 24 jam. Ini disediakan agar masyarakat bisa memahami mekanismenya.

Jadi untuk perpanjang SIM secara online maupun pembuatan SIM baru, kalian bisa pakai aplikasi Sinar. Untuk itu kalian bisa dicari di Playstore, ketik Sinar SIM online.

Baca juga: Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar

  • Pertama, silahkan download aplikasinya di Play Store.
  • Kemudian verifikasi nomor HP. 
  • Langkah ketiga registrasi NIK, SIM, foto KTP, foto SIM dan swafoto. 
  • Keempat yaitu verifikasi NIK dan SIM.
  • Lalu, pilih jenis SIM dan lokasi Satpas. 
  • Selanjutnya, verifikasi hasil e-Rikkes SIM dan ePPsi SIM. Keduanya itu untuk pemeriksaan kesehatan, dan psikologi secara elektronik.
  • Selanjutnya isi pengembalian. 
  • Langkah ke-8, upload pas foto dan tanda tangan. 
  • Langkah ke-9, pembayaran PNBP dan biaya kirim.
  • Langkah ke-10, cetak SIM kemudian tunggu pengiriman hingga sampai ke pemohon.

Detail cara pakai aplikasi Sinar

cara membuat sim internasional

Untuk detailnya, SEVA akan review dan jelaskan satu per satu, bagaimana alur perpanjangan SIM A dan C melalui aplikasi Sinar ini. 

Setelah terunduh dan terinstal kita perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun, diperlukan nomor telepon atau nomor induk kependudukan dan alamat email.

Ketiganya harus terverifikasi kebenarannya, selain itu juga perlu disiapkan PIN 6 digit. Nomor telepon diverifikasi dengan cara menuliskan kode OTP yang dikirim via SMS.

NIK diverifikasi dengan mencocokkan foto wajah kita, dengan foto di KTP. Sementara alamat email diverifikasi, jika kita sudah mendapat email dari bagian digital Korlantas Polri.

Tips agar proses verifikasi e-KTP atau NIK berjalan lancar saat melakukan swafoto, ikuti instruksi dalam aplikasi

Instruksi terletak di bawah panduan mengambil foto. Seperti anggukan kepala, goyangan kepala, kedipkan mata, atau buka mulut sesuai arahan agar tidak gagal.

Untuk melihat apakah ketiganya (nomor telepon, KTP atau NIK dan Email) sudah terverifikasi, bisa dilihat dari profil yang ada di kiri atas, atau kanan bawah. Klik ubah profil bisa dilihat di sebelah kanan.

Baca juga: Cara Membuat SIM Online dan Syaratnya yang Bisa Diketahui

Langkah kedua, menyiapkan dokumen pendukung, termasuk pengecekan kesehatan jasmani dan tes psikologi. Untuk melihat dokumen apa saja yang diperlukan, bisa kita lihat dengan mengklik SIM lalu perpanjang SIM.

Dokumen yang diperlukan yakni, foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan di atas kertas putih, dan pas foto berlatar belakang biru dengan resolusi 480 kali 640 pixel.

Selain itu juga perlu hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, dan tes psikologi yang dilakukan secara online. Untuk pemeriksaan kesehatan jasmani bisa ke halaman muka.

Kemudian klik menu SIM, lalu pilih e-Rikkes. Kita diminta untuk menginstal aplikasi e-Rikkes. Ikuti saja langkah-langkahnya pada saat mengisi e-Rikkes.

Cermat isi tes psikologi di aplikasi Sinar

aplikasi sinar

Kalian juga tidak perlu mengunjungi pelayanan kesehatan atau dokter, untuk melakukan pemeriksaan. 

Sebelumnya ini sempat menjadi pertanyaan, walaupun sudah dapat instruksi periksa kesehatan di aplikasi e-Rikkes, tapi kita diminta untuk tetap datang ke klinik atau dokter yang dituju.

Abaikan saja hal itu, kita isi keterangan pada data kesehatan itu telah selesai. Selanjutnya kita juga bisa melihat hasilnya secara langsung. Apakah memenuhi syarat atau tidak untuk memperpanjang SIM.

Dokumen lainnya yang perlu dipersiapkan adalah hasil tes psikologi, melalui aplikasi ePPsi. Caranya dari menu SIM kita pilih ePPsi.

Sedikit tips ketika jalani tes psikologi ini, penting bagi kita membaca dulu instruksinya sebelum memulai tes. Karena tes ini ada batas waktunya.

Jika tidak membaca instruksi dikuatirkan akan lama mengisinya, sehingga waktu akan habis sebelum seluruh soal terjawab.

Antara tes kepribadian dan tes kecermatan, bagi banyak orang yang agak sulit dimengerti itu adalah tes kecermatan. Harus betul-betul dipahami, sebelum kita mengisinya.

Selanjutnya, hasil tes psikologi juga bisa langsung diperoleh melalui aplikasi atau juga dikirim melalui email.

Tips isi dokumen perpanjangan SIM

syarat bikin SIM baru

Tahap ketiga, permohonan perpanjangan SIM dengan mengunggah dokumen dan mengisi data-data yang diperlukan. Pertama-tama klik pilih perpanjang SIM.

Kemudian lanjutkan, silakan isi data dan unggah dokumen pendukung yang diperlukan seperti KTP SIM tandatangan dan pas foto.

Sementara hasil tes kesehatan dan hasil tes psikologi akan terisi secara otomatis. Jika kita lulus tes psikologi dan tes kesehatan, beberapa data akan otomatis terisi.

Baca juga: Cara Mengurus SIM A Hilang dan Rusak, Mudah Loh!

Namun, terkadang beberapa data yang otomatis terisi bisa saja kurang pas. Misalnya alamat tidak lengkap, dan kode pos kosong. 

Jangan khawatir terhadap data kosong itu, karena nanti saat memperpanjang SIM yang kedua atau selanjutnya, nama alamat bisa diedit walaupun jumlah karakternya terbatas.

Di tahap ini kita juga mengisi nomor rekening pengembalian, antisipasi jika pengajuan tidak memenuhi syarat. Selanjutnya mengisi metode pengiriman atau pengambilan.

Apakah SIM akan dikirim atau diambil secara langsung? Bisa dilakukan keduanya, namun untuk pengiriman, saat ini baru tersedia melalui PT Pos Indonesia.

Biaya perpanjangan SIM via aplikasi Sinar

aplikasi sinar

Di akhir tahap ini kita akan disajikan rincian yang perlu dibayar. Tahap keempat membayar biaya perpanjangan SIM.

Setelah seluruh dokumen diunggah, data yang diperlukan diisi, serta dilakukan penyimpanan data, akan muncul rincian belanja atau biaya.

Selanjutnya kita diminta melakukan pembayaran, perlu diketahui saat ini pembayaran baru bisa melalui transfer bank.

Saat ini rekening tujuan untuk melakukan pembayaran hanya tersedia untuk BNI saja, jadi bagi yang belum mempunyai rekening BNI perlu melakukan transfer antar bank.

Semoga nanti pilihan pembayaran dan pilihan Bank makin beragam. Tahap kelima menerima SIM baru setelah pembayaran dilakukan, maka tinggal menunggu SIM diterbitkan.

Baca juga: Sanksi Telat Perpanjang SIM, Jangan Sampai Lupa

Seperti disebutkan sebelumnya, SIM bisa kita ambil di Satpas SIM, bisa juga dikirim ke rumah.

Kita bisa melihat sampai di mana tahap perpanjangan SIM kita di menu transaksi yang berada di bawah aplikasi. Ada lima tahapan yakni, registrasi, dibayar, diproses, dikirim atau diambil, dan selesai.

Oh iya, kita bisa melakukan perpanjangan dua sim sekaligus, misal SIM A dan SIM C. Untuk tes kesehatan dan tes psikologi tidak perlu dua kali tes, cukup dari hasil saat memperpanjang SIM yang pertama.

Nah sekarang berapa lama SIM akan jadi dan diterima? Untuk SIM C dari pendaftaran dilakukan sampai dikirim ke rumah butuh 3 hari kerja.

Untuk SIM A, dari pendaftaran sampai SIM dikirim ke rumah butuh lima hari kerja. Demikian tutorial dan tips memperpanjang SIM secara online melalui digital Korlantas Polri.

Semoga artikel SEVA ini bermanfaat.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.