Cara Membuat SIM Online dan Syaratnya yang Bisa Diketahui

27 March 2019

Semua pengendara baik motor maupun mobil wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) sebagai bukti kelayakan dalam mengendarai kendaraan. Namun, ada sebagian orang yang mengabaikan keberadaan SIM, karena dianggap proses pembuatannya yang cenderung sulit dan memakan waktu lama.

 

Maka dari itu, jangan heran jika ada orang yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa calo SIM untuk mempercepat mendapatkan SIM tanpa harus melalui tes.

 

Untungnya, saat ini Kepolisian Republik Indonesia sudah memudahkan pengendara untuk membuat SIM dengan cara online. Perlu diketahui, meskipun membuat SIM secara online, tidak berarti Anda tidak perlu ke kantor Polda dan SIM langsung jadi. Anda perlu juga mengikuti prosedur pembuatan SIM pada umumnya dengan datang langsung ke Polda terdekat dengan membawa bukti pembayaran dan bukti registrasi.

 

Maksud dari pembuatan SIM online ini hanya mempersingkat proses pendaftaran atau registrasinya saja. Untuk lengkapnya, berikut informasi cara membuat SIM online yang perlu diketahui.

Syarat Membuat SIM Online

Sebelum membahas cara membuat SIM online, penuhi dulu beberapa persyaratan agar proses pembuatan SIM bisa berjalan lancar. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya, silahkan simak di bawah ini.

 

Usia

Syarat membuat sim online yang pertama adalah perhatikan usia orang yang mau membuat SIM. Pihak kepolisian telah menentukan batas usia minimum untuk membuat SIM. Syarat minimal usia pengajuan SIM sebagai berikut:

 

  1. SIM A : Usia 17 Tahun
  2. SIM C: Usia 17 Tahun
  3. SIM D: Usia 17 Tahun
  4. SIM B I: Usia 20 Tahun
  5. SIM B II: Usia 21 Tahun
  6. SIM A Umum: Usia 20 Tahun
  7. SIM B I Umum: Usia 22 Tahun
  8. SIM B II Umum: Usia 23 Tahun

 

Jadi usia minimum dalam membuat SIM kendaraan pribadi seperti mobil dan motor adalah 17 Tahun. Bila Anda sudah memiliki KTP dan mampu mengendarai sepeda motor maupun mobil dengan baik, maka kami sarankan untuk langsung membuat SIM.

 

Administrasi

Syarat membuat SIM online selain usia, ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, yakni memiliki KTP asli yang masih berlaku dan mengisi formulir pengajuan SIM baru, membawa surat keterangan kesehatan (kesehatan jasmani yang meliputi kesehatan fisik, penglihatan, dan pendengaran), kesehatan rohani (yang meliputi stabilitas emosi, kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, dan kemampuan penyesuaian diri) dari tempat yang sudah ditentukan masing-masing Polres, dan terkadang diperlukan membawa sertifikasi lulus pendidikan dan pelatihan mengemudi.

 

Lulus Tes

Cara membuat SIM online juga mengharuskan untuk lulus tes yang terdiri dari ujian teori, ujian praktik, dan ujian keterampilan melalui simulator.

SHARE