Catat 6 Tips Ini Supaya Worth It Beli Rumah Murah tapi Jauh dari Pusat Kota

By Arris Riehady - March 5, 2018

Memilih lokasi rumah idaman yang lokasinya dekat dengan pusat kota bukan perkara mudah belakangan ini. Keterbatasan lahan di daerah perkotaan menjadikan harga rumah yang meroket.

Pilihan rumah yang tersedia dengan harga terjangkau kebanyakan berlokasi jauh dari pusat kota. Menunda membelinya bisa jadi keputusan yang salah.

Namun, apakah beli rumah murah yang lokasinya jauh dari pusat kota bisa menjadi solusi dan worth it? Berikut tips beli rumah tersebut.

  1. Kemudahan Akses

Kendala beli rumah murah yang lokasinya jauh dari pusat kota adalah akses. Karena itu, meski lokasinya terpencil, pastikan rumah tersebut memiliki akses mudah ke jalan utama, ada banyak jalan alternatif, dan dekat dengan pintu tol.

  1. Beragam Pilihan Angkutan Umum

Dengan kendaraan pribadi, untuk Anda yang beli rumah murah di daerah Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, serta kerja di Kawasan Segitiga Emas Jakarta, setidaknya membutuhkan waktu hingga tiga jam perjalanan.

Meski sudah tersedia beragam angkutan umum berbasis online, untuk menghemat ongkos sehari-hari Anda wajib punya beragam pilihan angkutan umum yang melintasi area rumah.

Untungnya juga, daerah-daerah tersebut sudah terhubung dengan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line, jadi untuk ke stasiun terdekat Anda dapat naik angkutan umum atau naik motor dan menitipkannya di tempat parkir.

Saat ini juga pemerintah sedang gencar membangun fasilitas kendaraan umum seperti LRT dan MRT yang akan siap dua hingga tiga tahun ke depan.

  1. Lingkungan Nyaman

Karena jauh dari pusat kota, pastikan lingkungan alam di sekitar rumah Anda masih asri dan tenang. Jangan sampai Anda sudah membeli rumah yang jauh dari pusat kota tapi areanya sama padatnya.

Sebaiknya rumah memiliki halaman yang cukup luas untuk anak bermain atau ditanami pohon, serta area komplek yang teratur jarak antar rumahnya. Lingkungan yang asri dan hijau memungkinkan Anda mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga tubuh akan tetap sehat meski menempuh perjalanan jauh setiap harinya.

  1. Terjamin Aman

Untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah karena pekerjaan tiap harinya, pastikan lingkungan rumah terjamin keamanannya. Biasanya komplek atau cluster rumah murah berbatasan langsung dengan daerah permukiman warga lain.

Pastikan keamanan berpatroli selama 24 jam dan hubungan antara lingkungan komplek dengan permukiman warga yang ada di sekitarnya terjalin baik.

  1. Fasilitas Pendukung Lengkap

Tak ada salahnya Anda berharap fasilitas pendukung yang lengkap meski hanya beli rumah murah. Fasilitas tersebut tidak melulu yang mewah, yang penting dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Fasilitas tersebut misalnya terdapat taman, pasar, bank dan ATM, mini market, ragam pilihan penjual makanan, hingga fasilitas kesehatan. Beruntung apabila dekat rumah ada fasilitas seperti pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

  1. Bisa Jadi Investasi

Sebelum beli rumah murah yang lokasinya jauh dari pusat kota, perhatikan dulu lingkungan di sekitarnya. Bila dalam 10 tahun terakhir tidak ada pengembangan, sebaiknya Anda jangan beli rumah tersebut.

Pilih lokasi yang dapat berkembang 10 hingga 15 tahun ke depan. Karena selain menjadi tempat tinggal, rumah tersebut juga dapat menjadi investasi bagi Anda di masa depan. Mengingat rumah adalah kebutuhan pokok yang harganya terus naik tiap tahunnya.

Jadi, menurut Anda, di manakah lokasi ideal rumah idaman? Cari mulai dari sekarang yuk, mumpung harga belum naik.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!