Cat Mobil Tergores dan Mengelupas, Bagaimana Solusinya?

Cat mobil kamu tergores saat berkendara? Tak perlu panik, begini solusinya.

Cat mobil tergores, rusak ataupun pudar tentu akan membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik. Selain mengganggu estetika, cat mobil tergores juga bisa menimbulkan masalah serius pada bodi mobil.

Namun, kamu tidak perlu bingung karena goresan tersebut masih bisa diperbaiki. Berikut beberapa cara memperbaiki cat mobil yang tergores tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bersihkan goresan

Sebelum melakukan perbaikan pada cat mobil yang tergores, bersihkanl terlebih dahulu permukaan mobil. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Kamu bisa membersihkan mobil dengan menggunakan lap lembut atau mencuci bagian yang tergores.

Baca juga: Jaga Cat Mobil Agar Tetap Awet di Musim Pancaroba

Identifikasi goresan

Sebelum kamu melakukan perbaikan, ada baiknya perhatikan dulu bagaimana kerusakan cat yang dialami. Dengan mengetahui seberapa parah kerusakan, maka kamu dapat mengetahui cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Baca juga: Kenapa Warna Cat Mobil Menguning? Ini Penyebab dan Solusinya

Jika cat yang tergores masih memperlihatkan lapisan putih tipis, goresan tersebut biasanya belum menembus lapisan cat terluar dan masih bisa ditangani.

Berbeda jika, goresan tersebut memperlihatkan warna bodi mobil atau metal, tandanya cat mobil kamu tergores cukup dalam.

Memperbaiki goresan ringan

Seringkali saat berkendara, kamu mendapati mobil tergores ringan akibat suatu gesekan yang mengenai bodi. Tidak perlu membawanya ke bengkel, Kamu bisa mengerjakan perbaikannya sendiri di rumah.

Untuk memperbaiki cat mobil tergores ringan, cukup gunakan touch-up paint yang memiliki warna yang sama persis dengan warna cat mobil kamu.

Touch-up paint merupakan cara termudah dan baik digunakan untuk mengatasi goresan pada cat mobil. Selain bisa membantu memperbaiki warna, touch-up paint juga sangat mudah digunakan.

Baca juga: Cara Antisipasi Agar Cover Mobil Tidak Merusak Bodi dan Cat

kocok touch-up paint selama kurang lebih 1 menit, lalu pastikan larutan cat di dalam botol tercampur dengan rata. kemudian, gunakan kuas kecil dan ambil cairan cat secukupnya.

Oleskan tipis-tipis hanya pada bagian yang tergores agar cat terlihat natural.

Memperbaiki goresan dalam

Berbeda dengan goresan ringan, goresan dalam biasanya sudah mengenai bagian dalam bodi mobil, sehingga untuk mengatasinya memang sedikit rumit.

Pertama-tama, kamu harus mengamplas retakan atau goresan dengan hati-hati hingga bersih. Lalu, oleskan bodi mobil yang menggunakan bahan anti karat.

Hal ini bertujuan untuk melindungi bodi mobil agar tidak berkarat. Setelah bahan anti karat mengering, lakukan pengecatan dasar pada bagian mobil dan tunggu hingga mengering.

Baca juga: Perlu Diingat, Ini Resiko Jika Cat Ulang Mobil Sembarangan

Setelah cat dasar mengering, berikan car warna senada dengan cat asli mobil, setelah itu tunggu hingga cat tersebut benar-benar kering.

Usahakan selama proses pengeringan bodi mobil tetap terjaga kebersihannya dari kotoran maupun debu. Setelah benar-benar kering, lakukan penggosokan dengan wax atau komponen ringan sehingga permukaan kembali rata.

Kerusakan cat mobil memang tidak berpengaruh kepada komponen mesin. Namun, hal itu akan membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik digunakan saat berkendara.

Oleh karena itu, pastikan kamu langsung mengatasi cat mobil yang tergores, sehingga kerusakan tidak merambah ke bodi mobil dan #BikinKamuSiap menjaga estetika mobil kamu.