Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jaga Cat Mobil Agar Tetap Awet di Musim Pancaroba

Hati-hati, musim pancaroba bisa buat cat mobil Anda kusam. Untuk itu, jaga cat mobil Anda agar tetap awet dengan cara berikut ini.

cat mobilSaat ini cuaca memang sedang tidak menentu, kadang hujan deras, kadang malah panas terik. Cuaca yang sulit diprediksi ini membuat kendaraan harus mendapatkan perawatan ekstra agar penampilannya tetap sempurna.

 

Cat mobil adalah salah satu yang menjadi sorotan disaat cuaca labil. Jika perawatannya kurang diperhatikan, cat mobil bisa menjadi kusam bahkan rusak.

 

Untuk itu, simak tips berikut ini agar cat mobil Anda bisa terjaga dengan baik.

 

Mencuci mobil setelah terkena hujan

Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. Oleh karena itu, sebaiknya langsung dicuci karena zat asam membuat cat mobil kusam dan berjamur.

 

Baca juga: Ingin Mobil Lebih mengkilap dan Kinclong? Cobain Cara Ini

 

Tidak harus menggunakan sabun, cukup bilas dengan air bersih saja sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari mobil.

 

Jangan menutup mobil dengan sarung mobil

kandaraan saat mudikSebagian orang ada yang salah kaprah soal ini. Mereka mengira, bila menutup mobil dengan sarung mobil membuat cat lebih awet. Namun ternyata, hal tersebut tidak disarankan.

 

Baca juga: Jenis-jenis Perawatan di Salon Mobil yang Layak untuk Anda Coba

 

Jika ditutup pada malam hari atau saat hujan, permukaan mobil akan menjadi lembab dan membuatnya berjamur, sedangkan jika keadaan panas, debu di permukaan mobil akan menempel karena tidak terkena angin dan susah untuk dihilangkan.

 

Jangan langsung terkena sinar matahari

Seperti yang sudah diketahui, sinar matahari bisa mengurangi kadar warna mobil. Untuk itu, disarankan sebaiknya mobil jangan terlalu sering terkena sinar matahari langsung agar warnanya menjadi tahan lama serta tidak pudar.

 

Hindari terkena embun malam

Bukan cuma tubuh yang bisa sakit jika terlalu banyak menyerap embun malam, tetapi cat mobil juga bisa. Menurut Rocky, embun malam mengandung zat asam yang sama dengan air hujan, seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

 

Baca juga: Ternyata, Merawat Mobil Mewah Itu Mudah, Ini Buktinya

 

Untuk menghindari hal itu, lebih baik simpan mobil Anda di tempat tertutup, yaitu di garasi, agar tidak terkena embun malam yang sifatnya sama dengan air hujan.

 

Gunakan wax seperlunya

Sebenarnya, menggunakan wax untuk mempercerah warna mobil boleh saja asalkan tidak berlebihan, karena penggunaan yang terlalu sering akan membuat cat mobil terkikis. Jadi, pada dasarnya selama digunakan sesuai dengan kebutuhan tidak apa-apa.

 

Untuk itu, selalu jaga warna cat mobil Anda dengan cara di atas. Dengan begitu, warna mobil Anda akan selalu terlihat sempurna setiap harinya.

 

Jadi, selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.