Cara Membayar PKB Online Melalui ATM, e-Samsat, dan SMS

By Ferdi Julias - October 2, 2019

Pajak kendaraan kini bisa dibayar secara online. Caranya, bisa Anda simak pada ulasan berikut ini.

PKB onlineMembayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Layanan ini dihadirkan oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.

Namun, untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan belum tersedia di Samsat atau PKB online. Lalu, layanan ini baru ada di beberapa daerah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh.

Selain itu, pembayaran PKB online hanya bisa dilakukan apabila kendaraan bermotor Anda tidak melakukan penggantian STNK, keadaan pengesahan STNK 1 tahun, pembayaran pajak tidak terlambat lebih dari 1 tahun, nama yang tertera di STNK dan BPKB sesuai dengan KTP, serta kendaraan tidak dalam keadaan hilang, rusak, lapor jual, laka, dan kriminal.

Setiap daerah memiliki cara pembayaran yang hampir sama. Anda bisa melakukannya di ATM, smartphone, e-samsat, atau langsung ke kantor pajak.

Mungkin, masih ada sebagian orang yang belum mengetahui cara membayar PKB online. Untuk itu, informasi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda dalam membayar pajak kendaraan secara online.

Berita Terkait

Author