Search Cars

Otomotif

8 Mobil Keluarga Terbaik Untuk Liburan Akhir Tahun

Periode liburan akhir tahun segera datang! Anda berencana road trip bersama keluarga? Ini dia 8 mobil keluarga terbaik pilihan Seva.id untuk menemani perjalanan Anda!

keluarga di belakang mobil, bersiap liburan

Liburan bersama keluarga maupun teman dengan mobil pribadi dinilai lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Tidak melulu menggunakan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV) yang memang sudah biasa digunakan untuk menemani perjalanan jauh, tapi kini mobil jenis hatchback juga mulai dilirik.

 

Meski terbilang mungil, mobil jenis hatchback biasa dipilih karena alasan hemat bahan bakar, serta tetap nyaman digunakan untuk liburan dan menempuh perjalanan jauh.

 

Lalu, apa saja mobil yang cocok untuk road trip bareng keluarga di liburan akhir tahun ini?

toyota avanza merah

1. Toyota Grand New Avanza

Tidak bisa dipungkiri, Toyota Avanza atau di generasi terbaru dikenal sebagai Toyota Grand New Avanza adalah mobil MPV legenda. Toyota Avanza banyak dipilih keluarga Indonesia karena banyak alasan. Sebut saja mesin yang tangguh bertenaga, tapi tetap hemat bahan bakar, hingga layanan purna jual yang terjamin.

 

Toyota Grand New Avanza memiliki jok yang tebal dan empuk, didukung dengan fleksibilitas kursi yang bisa membuat ruang kaki lebih lega, serta bagasi lebih luas, membuat penumpang tetap nyaman selama perjalanan. Stabilitas selama perjalanan mengendarai Toyota Grand New Avanza turut ditunjang dengan sistem suspensi MacPherson Strut (depan) dan Coil Spring (belakang) yang mengalami penyempurnaan.

 

Toyota Grand New Avanza juga memiliki fitur keamanan seperti dua buah airbag, front passenger seat belt warning yang mengingatkan penumpang pentingnya memakai sabuk pengaman, sistem pengereman dengan ABS, jok baris kedua dengan ISOFIX, serta side impact beam yang melindungi penumpang dan pengemudi dari benturan samping.

 

Selain itu, sampai dengan tahun ini juga terdapat lebih dari 300 jaringan bengkel Toyota di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke kota-kota kecil. Hal ini tentunya memberikan rasa aman dalam perjalanan, karena jika Anda butuh bantuan di jalan, bengkel-bengkel resmi tersebut bisa Anda jangkau dengan mudah.

Baca: Toyota Avanza Baru Hadir Tahun 2019?

toyota venturer

2. Toyota All New Kijang Innova

Toyota All New Kijang Innova bisa dibilang MPV terbaik saat ini. Alasannya tak lain karena memang mobil ini didesain khusus untuk kenyamanan berkendara bersama keluarga. Hal tersebut didukung oleh kabin yang mewah dan nyaman untuk tujuh penumpang, teknologi hiburan terkini, serta fitur keamanan yang lengkap.

 

Di sisi keselamatan, Toyota All New Kijang Innova memiliki kerangka GOA atau Global Outstanding Assement  yang memungkinkan perlindungan menyeluruh pada penumpang. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur keamanan seperti Teknologi Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, serta total tujuh airbag (Dual Front SRS, Curtain, Side, dan Knee Airbag).

 

MPV ini menggunakan mesin diesel menggunakan mesin baru 2GD-FTV (2.400 cc 4-silinder DOHC) berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT), serta mesin bensin 1TR-FE (2.000 cc 4-silinder DOHC) yang kini dibekali sistem Dual VVT-i.

 

Di sisi lain, karakter performa semakin dipertegas lewat fitur ‘Drive Mode System’ yang mampu mengubah karakter berkendara menjadi efisien maupun responsif. Pastinya sensasi berkendara menjadi lebih mengasyikkan, khususnya saat dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, yang menjadi opsi transmisi selain manual 5-percepatan.

bmw x1

3. BMW X1 sLine18i xLine

BMW X Series ditujukan bagi masyarakat urban aktif dan gemar berpetualang. Di sisi lain, BMW X1 sLine18i xLine juga tetap mengutamakan kenyamanan serta kemampuan berkendara impresif di medan on-road maupun off-road.

 

Nah, untuk yang gemar melakukan perjalanan jauh dan membawa barang, BMW X1 sLine18i xLine ini memiliki kapasitas ruang bagasi hingga 505 liter. Jika tangan penuh membawa barang, cara membuka bagasinya juga mudah. Cukup arahkan kaki ke bawah bumper, maka pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

 

Ruang interiornya pun tak perlu diragukan lagi dengan kenyamanan khas BMW. Meski terbilang mungil, kenyamanan setiap penumpang diperhatikan lewat dominasi material kabin berkualitas terbaik dan posisi duduk yang pas. Jok penumpang belakang pun bisa diatur sliding dan reclining-nya, serta dilengkapi dengan arm rest dengan cup holder di bagian tengah. Jok ini juga sudah dilengkapi ISOFIX untuk mengaitkan kursi balita.

 

Ketika kita mengatur posisi sliding paling belakang, maka jarak ruang kaki di area belakang akan menjadi sangat lega, bisa mencapai lebar 56 sentimeter. Sedangkan posisi reclining paling rebah membuat punggung tidak mudah pegal, terutama saat perjalanan jauh.

toyota all new calya

4. Toyota All New Calya

Meski terlihat kecil dari sisi ekterior, kabinnya terbilang lega dan memiliki bagasi yang luas. Jika butuh ruang tambahan, jok baris ketiga bisa dilipat dengan cara yang mudah. Sementara jok baris kedua, selain pengaturan kerebahan, sudah disematkan juga pengaturan maju dan mundur sehingga dapat memberikan ruang kaki yang lebih lega serta kenyamanan lebih untuk penumpang.

 

Baca lebih lanjut: Seva.id Menguji Ketangguhan Toyota All New Calya Untuk Perjalanan Jarak Jauh

toyota all new rush

5. Toyota All New Rush

Seva.id juga pernah menguji Toyota All New Rush dengan melakukan perjalanan ke Pantai Bagedur, Banten. Dalam perjalanan, mobil SUV ini ditumpangi oleh lima orang dengan jok baris ketiga dilipat dan dialihfungsikan menjadi ruang bagasi yang lebih lapang. Suspensinya masih bisa ditolerir dan terbilang nyaman.

 

Kabinnya memang tidak terlalu kedap, raungan mesin tetap terdengar, tapi dapat direduksi dengan sistem hiburan. Terdapat head unit layar sentuh berdimensi tujuh inci yang dapat terhubung dengan ponsel, USB, Bluetooth, dan AUX. Pengaturannya pun dapat dilakukan pengemudi melalui audio steering switch. Total ada enam buah speaker dan dua tweeter untuk menyalurkan suara yang dihasilkannya.

 

Di bagian eksterior, Toyota All New Rush adalah perpaduan dari karakter mobil sporty dan SUV. Sedangkan dapur pacu Toyota All New Rush menggunakan mesin berkapasitas 1.496 cc empat silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaganya disalurkan ke dua roda belakang.

Baca lebih lanjut: Perjalanan Menguji Tangguhnya Toyota All New Rush

daihatsu all new sirion

6. Daihatsu All New Sirion

Sesuai dengan tagline “All New Sirion Generasion”, mobil ini ditujukan untuk mereka yang berjiwa dinamis dan modern.

 

Di bagian interior terdapat head unit 2-DIN layar sentuh yang juga menjadi visual bagi kamera parkir. Lalu ada juga AC digital dan dua buah power outlet untuk mengisi ulang baterai smartphone. Kabinnya pun mampu menampung hingga lima orang penumpang.

 

Eksteriornya, pada bagian depan, Daihatsu All New Sirion sudah menggunakan LED headlamp dengan pengaturan otomatis. Sementara LED rear combi lamp di bagian belakang membuat city car ini terlihat modern dan sporty.

 

Untuk urusan keamanan, Daihatsu All New Sirion dibekali dengan ABS, EBD, VSC, traction control, ISOFIX, 4 airbag yang terdapat di depan dan di samping jok, sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang di baris kedua, serta seat belt reminder untuk pengemudi dan penumpang.

Tonton: 6 Hal yang Baru dari Daihatsu All New Sirion

toyota new agya

7. Toyota New Agya

Mengusung tagline “Have Fun Go Max”, Toyota New Agya hadir sebagai pilihan mobil hatchback dengan desain yang segar.

 

Penggunaan mesin baru berkapasitas 1.197cc berteknologi Dual VVT-i menjadikan Toyota New Agya semakin bertenaga, lincah, tapi tetap hemat bahan bakar. Tak salah juga menggunakan mobil ini untuk liburan atau perjalanan jauh.

 

Eksterior depannya dilengkapi lampu utama berproyektor dengan LED light guide berdesain modern. Fog lamp pun turut terpasang pada bumper dengan desain sporty. Sementara bagian belakang dihiasi lampu LED, berpadu dengan spoiler serta bumper yang juga sporty.

 

Baca juga: Ketahui 3 Perbedaan Spoiler dan Wing Sebelum Memasangnya

 

Kesan lapang dan nyaman sangat ditonjolkan di dalam kabin Toyota New Agya. Di bagian depan, mobil ini menggunakan jok berjenis semi bucket seat untuk memberikan sandaran mantap dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang depan.

 

Untuk fitur keamanan, Toyota New Agya memiliki seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, fitur pengait kursi bayi (ISOFIX), dua air bag, side impact beam sebagai perlindungan dari benturan samping, hingga ABS yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak.

 

Tonton: Review Toyota Agya, Kecil-Kecil Cabe Rawit

peugeot new 3008 gt line

8. New Peugeot 3008 GT Line

Berkapasitas lima orang penumpang, mobil ini sudah didukung dengan seat belt tiga titik serta enam buah airbag untuk keselamatan. Dari segi kepraktisan, SUV premium ini merupakan mobil yang cukup praktis untuk perjalanan panjang dengan penyematan cup holder serta ruang penyimpanan sebanyak 13 buah. Di sisi interior, teknologi Peugeot i-Cockpit sudah diaplikasikan pada mobil ini. Di bagian bagasinya, New Peugeot 3008 memiliki kapasitas hingga 520 liter dengan 3 level position yang dapat disesuaikan. Lampu utamanya sudah disematkan sensor otomatis yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi cahaya yang kurang, serta sudah mengadopsi teknologi full LED yang berpadu dengan Daytime Running Light (DRL).

 

Secara keseluruhan, New Peugeot 3008 GT Line adalah mobil yang tangguh, tapi tetap elegan. Cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang dan gemar bepergian.

Baca juga: Menjajal Teknologi dan Ketangguhan New Peugeot 3008 GT Line

 

Itu dia mobil keluarga terbaik 2018 pilihan Seva.id untuk liburan akhir tahun. Mana yang jadi pilihan keluarga Anda?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.