Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Aksesoris di mobil ternyata bisa berbahaya bagi pengendara. Yuk simak ulasannya berikut ini.

aksesoris mobilModifikasi mobil dengan menambahkan sejumlah akseseoris mobil baik interior maupun eksterior memang menyenangkan. Karena dengan menambahkan aksesoris mobil, kamu dapat dengan bebas merubah dan menyesuaikan beberapa bagian mobilmu sesuai dengan keinginan.

Meski menyenangkan, sebaiknya jangan sembarang memasang aksesoris untuk mobil karena ada beberapa di antaranya yang tidak disarankan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Maka dari itu hindari aksesori-aksesori berikut ini agar tidak membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Cover atau sarung setir

Aksesoris mobil pertama yang sebaiknya dihindari adalah sarung stir. Mengganti cover atau sarung setir memang seringkali dianggap mampu menambah estetika dari interior mobil. Namun sebenarnya aksesoris ini sebaiknya dihindari, terlebih jika kualitas bahannya tidak bagus.

Selain memperhatikan kualitas bahan, kamu juga perlu memastikan ukurannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya selip yang membuat pengemudi kesulitan mengontrol arah laju mobil.

Knob setir

Aksesoris mobil yang satu ini sebenarnya lebih disarankan untuk kendaraan forklift, bukan mobil. Hal ini karena biasanya forklift menggunakan sistem kemudi roda belakang.

Berbeda dengan mobil, posisi kedua tangan pengemudi harus memegang erat lingkar kemudi, seperti membentuk jarum jam di angka 9-3 atau 10-2. Hal tersebut dilakukan agar pengemudi dapat melakukan gerakan memutar kemudi dengan baik. 

Selain dapat mengganggu genggaman pengemudi pada lingkar kemudi atau setir, knob setir juga berbahaya apabila terjadi benturan dan dapat berakibat fatal bagi pengemudi.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Aksesoris mobil yang satu ini juga cukup berbahaya jika tiba-tiba patah saat sedang mengemudi, atau tersangkut sehingga mobil sulit dikendalikan.

Mengganti kaca headlamp

Modifikasi lain yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengganti kaca headlamp atau melapisi dengan kaca film berwarna gelap agar terlihat lebih sporty dan gagah.

Meskipun begitu, aksesoris mobil ini sebaiknya dihindari, karena dapat mengurangi intensitas cahaya dan mengganggu sebaran cahaya dari headlamp. Akibatnya, cahaya yang dikeluarkan menjadi tidak optimal dan dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

Mengganti Head Unit Display (HUD)

Sistem entertainment bawaan yang dirancang pada mobil tentunya sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak mengganggu fokus pengemudi ketika sedang berkendara.

Jika kamu merasa tidak puas dengan sistem entertainment bawaan dari mobilmu, sah-sah saja jika kamu ingin menggantinya dengan parts aftermarket

Terlebih jika alasannya supaya HUD semakin pintar, maka hal tersebut layak dilakukan.

Tapi, jangan sampai kamu mengganti sistem entertainment yang malah berisiko mengganggu fokus kamu saat mengemudikan mobil.

Baca juga: Channel Youtube Modifikasi Mobil untuk Jadi Inspirasi Kamu

Lampu kabut berwarna

Lampu kabut berwarna juga dianggap bisa meningkatkan nilai keindahan mobil. Padahal, dengan menggunakan lampu kabut berwarna, cahaya yang dipancarkan jadi lebih redup dan sebaran cahayanya bisa saja tidak merata.

Lampu bohlam tetap harus berwarna kuning, bukan diganti menjadi putih. Sebab, jika diganti malah berpotensi membuat sinar lampu tak bisa menembus kabut atau hujan, bahkan bisa membahayakan.

Selain warna, kamu juga perlu memperhatikan watt dari bohlam yang akan dipasangkan pada lampu kabut mobil. Perlu diketahui bahwa watt-nya tak boleh berlebihan, sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Sebab, hal tersebut bisa memicu kebakaran mobil.

Watt bohlam yang besar bisa membuat kabel cepat panas. Lalu hal itu bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran mobil. 

Menambahkan sejumlah aksesoris mobil memang sangat menyenangkan, namun jangan melupakan performa mobilmu juga, ya. Maka dari itu jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan pada mobil agar mobil tetap prima.

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id, ya. Ada layanan Home Service yang siap bantu kamu merawat mobil kesayangan kamu dari rumah.