Apa Arti Warna Biru di Pelat Nomor Kendaraan Listrik?

By Reka Harnis - September 30, 2020

Selain hitam, kuning, merah dan putih, Indonesia juga akan menerbitkan pelat nomor khusus kendaraan listrik.

pelat nomor kendaran listrik

Demi memudahkan identifikasi serta pendataan di kepolisian, setiap kendaraan bermotor yang melintas di jalan wajib memiliki pelat nomor.

Ada beberapa jenis warna pelat nomor yang diizinkan di Indonesia. Sebagaimana yang tertulis dalam Peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pada pasal 39 ayat 3 tertera bahwa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dengan dasar hitam dan tulisan putih untuk perseorangan dan sewa.

Baca juga: Perlu Diketahui, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Kemudian ada pula pelat nomor dengan warna dasar kuning dan tulisan hitam yang diperuntukkan untuk kendaraan umum, lalu dasar merah dengan tulisan putih untuk kendaraan bermotor milik dinas pemerintah.

Lalu, dasar putih dan tulisan biru untuk kendaraan Korps Diplomatik negara asing, serta dasar hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas.

Namun, kini Indonesia akan menambah satu warna lagi ke dalam daftar tersebut, yakni hitam dengan tulisan putih dan ada garis biru di bagian bawah.

Baca juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Konvensional?

Hal ini ditujukan untuk mempermudah dalam membedakan pelat nomor kendaraan konvensional dengan pelat nomor kendaraan listrik.

Kemudian, penerapan pelat nomor kendaraan listrik juga ditujukan untuk pihak kepolisian maupun petugas parkir untuk memberi insentif khusus pada pengguna kendaraan listrik.

Berita Terkait

Author