Sudah Mepet? Ini Tips Aman Menerobos Banjir Bila Terpaksa

By Arris Riehady - Februari 8, 2021

Banjir menjadi penghambat bagi pengguna kendaraan. Kalau terpaksa, ini tips aman saat mobil menerobos banjir.

menerobos banjir

Menerobos jalanan yang banjir sangat beresiko untuk mobil. Selain mogok, yang paling parah adalah resiko terjadinya water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Kondisi ini dapat menyebabkan mobil mati mendadak karena air yang masuk ke dalam ruang bakar mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

Akibatnya fatal, yaitu stang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder lecet, dan yang paling parah adalah kepala silinder melengkung.

Bahkan, bila banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang sering ditemui adalah rusaknya electronic control unit (ECU) yang merupakan perangkat terpenting dan menjadi “otak” dalam mobil.

Baca juga: Cara Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang atau Rusak Karena Banjir

Alat ini memiliki andil yang sangat penting, seperti mengatur pengapian dan menyuplai bahan bakar ke mesin.

Lantas, bila tetap nekat untuk menerobos banjir, apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan pada mobil?

Jika terpaksa, berikut 5 tips aman menerobos banjir dengan mobil.

mobil menerobos banjir

Kenali jenis mobil

Kenali dan kuasai jenis mobil yang kamu bawa. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tinggi posisi air intake dan knalpot.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Misalnya, mobil jenis city car atau sedan tentu memiliki posisi air intake dan knalpot yang lebih rendah ketimbang SUV atau MPV.

Jadi dengan posisi yang lebih rendah tersebut sebaiknya perkirakan dulu ketinggian banjir ya. Bila dirasa tidak memungkinkan, segera cari jalan alternatif.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!