Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

By Arris Riehady - Juni 17, 2020

Hadir lebih dari empat dekade, ini semua yang pertama dalam perjalanan panjang sejarah Toyota di Indonesia.

sejarah toyota di indonesia

Menengok ke belakang, kamu pasti pernah dengar sejarah Toyota bermula dari pabrik mesin tenun Toyoda di Jepang. Lalu, pada 1937, berubah pabrik otomotif bernama Toyota.

Tapi apa kamu tahu dimana dealer Toyota pertama yang ada di Indonesia?

Sejarah Toyota di Indonesia sebenarnya sudah mulai tertulis sebelum Kijang Buaya mengaspal di jalan dan Toyota Avanza menjadi salah satu mobil yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya.

auto2000 sudirman

Sejarah Toyota pertama di Indonesia: Dealer pertama

Dalam buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini, karya James Luhulima, tercatat sejarah Toyota di Indonesia dimulai tahun 1961. Saat itu, Kementeriaan Transmigrasi, Koperasi, dan Pembangunan Masyarakat Desa membeli 100 unit Toyota Land Cruiser FJ Canvas Top untuk disebar ke daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sejarah “Mobil Penculik” yang Melegenda di Indonesia

Masih di tahun yang sama pada 15 April, kehadiran Toyota juga ditandai dengan impor tujuh unit Toyota Tiara (dikenal juga sebagai Toyota Corona generasi kedua) oleh AH Budi pendiri Nasmoco.

Mobil yang diimpor lewat Toyota Toyoped Thailand dan dikirim secara semi knock down (SKD), kemudian dirakit di garasi rumahnya yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Sejak saat itu, Nasmoco yang awalnya hanya sebuah bengkel bernama Asiatic Motor di Jalan Pemuda, Semarang, terus menjual dan mendatangkan produk Toyota seperti truk Toyota FA100 dan Toyota Land Cruiser FJ40 ke Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Sementara, PT Toyota Astra Motor (TAM) baru berdiri secara resmi pada tanggal 12 April 1971 sebagai  Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Toyota di Indonesia.

Nasmoco ditunjuk TAM sebagai Dealer Utama Toyota pada 30 Agustus 1972 untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi

Jadi bisa dibilang, dealer pertama Toyota di Indonesia ada di Semarang, bukan Jakarta. Bahkan, Toyota sudah hadir dan dijual 10 tahun lebih awal sebelum ATPM Toyota berdiri di Indonesia.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!