Search Cars

Otomotif

Resmi, Penyesuaian Tarif Tol Jasa Marga Dimulai 17 Januari

Setelah sempat tertunda, Jasa Marga resmi melakukan penyesuaian tarif di 6 ruas tol. Yuk, simak selengkapnya di sini.

tarif tol

Terhitung mulai Minggu, 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB, PT Jasa Marga (Persero) akan melakukan penyesuaian tarif tol pada enam ruas jalan.

Keenam ruas yang akan mengalami penyesuaian tarif tersebut adalah Jakarta Outer Ring Road/JORR (E1, E2, E3, W2U, W2S dan Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami), Cikampek-Padalarang (Cipularang), Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), Semarang Seksi A,B,C, Palimanan-Kanci (Palikanci), dan Surabaya-Gempol (Surgem).

Baca juga: Pemandangan Gerbang Tol Salatiga Jadi Fenomena Baru Bagi Masyarakat

Dengan adanya penyesuaian tarif tol ini, maka akan terjadi penurunan hingga kenaikan tarif untuk sejumlah ruas jalan tol berdasarkan golongannya.

Kenaikan tarif itu berdasarkan atas Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Baca juga: Apa Sebenarnya Fungsi Jalur Kanan di Jalan Tol?

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan dalam keterangan pers, penyesuaian tarif seharusnya sudah terlaksana sejak 2020, setelah Keputusan Menteri PUPR terbit.

Dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (14/1/2021) lalu, kondisi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) menjadi faktor tertundanya penyesuaian tarif tol tersebut.

Namun, dengan adanya penanganan pandemi Covid-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akhirnya kembali melanjutkan wacana penyesuaian tarif tol yang sudah tertunda cukup lama.

Lebih lanjut, Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head, Ari Wibowo, menyebutkan juga dalam keterangan pers, penyesuaian tarif tol di beberapa ruas tol tersebut bersifat reguler atau menyesuaikan besarnya inflasi, seperti Jalan Tol JORR, Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang masuk ke dalam wilayah pengelolaan Regional JMT.

Wujud kepastian pengembalian investasi

Tidak hanya untuk menyesuaikan besarnya inflasi, penyesuaian tarif tol ini juga dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi (menjaga kepercayaan investor) sesuai business plan.

Baca juga5 Hal Wajib yang Diketahui Saat Melewati Tol Layang Cikampek

Selain itu, penyesuaian tarif diharapkan dapat membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif, pemenuhan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol sebagai suatu Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha, pemenuhan SPM, peningkatan pelayanan hingga mendukung mobilitas logistik.

Adanya berbagai peningkatan pelayanan

Terkait dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Jasa Marga telah memenuhi seluruh SPM yang dipersyaratkan.

Selain pemenuhan SPM, pada penyesuaian tarif tol ini Jasa Marga juga melaksanakan berbagai peningkatan pelayanan yang mencakup berbagai layanan transaksi, layanan lalu lintas dan layanan konstruksi.

Layanan transaksi

Peningkatan layanan di bidang transaksi antara lain peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan Oblique Approach Booth (OAB)/gardu miring, optimalisasi fasilitas control room, penambahan fasilitas top up elektronik, dan penambahan unit mobile reader di gerbang tol.

Baca juga: 3 Faktor yang Menjadi Penyebab Kecelakaan di Tol Cipularang

Layanan lalu lintas

Pada bidang layanan lalu lintas, Jasa Marga juga melakukan upaya penambahan fasilitas jalan tol, seperti pemasangan speed camera CCTV, membangun lokasi penindakan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) dan pemasangan Weigh in Motion (WIM), pemasangan GPS pada kendaraan layanan lalu lintas, serta pengoperasian one call center Jasa Marga Group di nomor 14080.

Layanan konstruksi

Sementara dalam hal pelayanan konstruksi, Jasa Marga telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik, konstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan, penghijauan di sepanjang jalan tol, serta pengecatan marka dan peremajaan rambu – rambu keselamatan & guardrail.

Daftar tarif tol Jasa Marga Group yang mengalami penyesuaian tarif mulai 17 Januari 2021 Pukul 00.00 WIB. 

Rincian penyesuaian tarif tol yang akan resmi dilaksanakan mulai Minggu (17/1/2021). Apabila kamu berencana berpergian melintasi 6 ruas tol tersebut, pastikan saldo e-Toll kamu mencukupi, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.