Rekomendasi Modifikasi MPV yang Cocok untuk Dipakai Harian

Supaya terlihat beda, modifikasi mobil adalah jawabannya. Jangan sembarangan, ini rekomendasi modifikasi MPV untuk dipakai harian agar tetap nyaman.

modifikasi MPV

Modifikasi mobil adalah salah satu cara untuk membuatnya terlihat beda dan lebih personal. Apalagi jika mobil tersebut banyak dipilih orang sebagai kendaraan harian, seperti jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), misalnya.

Tapi agar tetap nyaman digunakan sebagai kendaraan harian, ada baiknya kamu jangan sembarangan memodifikasi mobil MPV.

Untuk itu, berikut rekomendasi modifikasi MPV agar tetap nyaman dipakai berkendara sehari-hari.

modifikasi MPV

Melapis jok

Rekomendasi modifikasi MPV untuk dipakai harian agar tetap nyaman dimulai dari bagian interior, yakni melapisinya dengan bahan kulit atau sintetis.

Selain membuat interior lebih nyaman, bahan jok asli pada mobil tidak mudah rusak dan kotor jika kamu melapisi dengan bahan kulit atau sintetis.

Baca juga: 5 Bengkel Modifikasi Jok Mobil yang Recommended di Jakarta

Untuk harga, tergantung pada bahan, desain, dan warna yang kamu pilih. Umumnya, mulai dari Rp 5 ratus ribu hingga Rp 5 juta.

aliran modifikasi audio

Upgrade audio

Sebagai kendaraan harian, tentu kamu butuh hiburan agar tidak bosan saat mengendarainya. Apalagi jika kamu sering terjebak macet di jalanan ibukota.

Tentu, upgrade audio agar nyaman di kuping menjadi salah satu jalan keluarnya. Tidak perlu yang mewah atau mahal karena yang dikejar adalah kenyamanan.

Jika head unit audio bawaan pabrik dirasa belum cukup, kamu bisa upgrade menggunakan yang kekinian dengan layar sentuh dan fitur canggih.

Sementara, untuk suara yang dihasilkan, mengganti speaker atau menambah tweeter, subwoofer, dan power adalah solusinya.

Baca juga: Aliran Modifikasi Audio Mobil yang Nendang di Kuping

Siapkan dana untuk melakukan upgrade audio, harganya tergantung pada upgrade audio yang ingin kamu lakukan untuk modifikasi MPV kesayangan.

modifikasi MPV

Ganti velg dan ban

Rekomendasi modifikasi MPV untuk dipakai harian agar tetap nyaman selanjutnya bergeser ke bagian eksterior.

Ya, dengan hanya mengganti velg dan ban, kamu akan mengubah penampilan MPV kesayangan secara signifikan. Namun perlu diketahui, mengganti velg dan ban ini akan mempengaruhi kenyamanan pada mobil.

Sebaiknya, sebelum melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki kamu konsultasikan dulu pada mekanik atau bengkel modifikasi terpercaya.

Umumnya, mereka akan menyarankan untuk menaikkan ukuran velg satu tingkat di atas standar, misalnya velg ukuran 14 inci jadi 15 inci. Ukuran profil ban pun akan menyesuaikan agar tetap nyaman dan aman.

Baca juga: Hati-hati Velg Replika, Ini Cara Mudah Membedakannya

Jangan asal pilih velg, apalagi pakai velg replika yang kualitas dan kekuatannya diragukan. Hal ini bisa berbahaya bagi keselamatan.

Daripada memaksa menggunakan velg merek ternama tapi replika, mending kamu pilih velg buatan lokal yang sudah memiliki reputasi baik.

Sepaket penggantian velg dan ban memerlukan biaya seminimalnya Rp 4 jutaan.

aturan memasang roof rack

Pasang roof rack

Modifikasi MPV dengan memasang roof rack akan mengubah tampilannya menjadi seperti Sport Untility Vehicle (SUV). Tapi bukan hanya itu saja, roof rack bisa jadi solusiĀ  jika barang bawaan tidak muat diletakkan di bagasi.

Memang, roof rack cukup membantu sebagai tempat penyimpanan ekstra ketika dibutuhkan, khususnya untu kamu yang senang road trip.

Ada dua cara memasang roof rack, yang pertama mengebor atap mobil dan kedua adalah menjepitnya di tulang atap.

Baca juga: Aturan Memasang Roof Rack yang Aman

Tetapi, yang terpenting adalah memasangnya dengan teliti. Jangan sampai ada efek samping yang tidak diinginkan, seperti adanya kebocoran saat hujan atau roof rack terlepas dari pegangannya.

Harga roof rack tergantung merek, umumnya mulai dari Rp 1 jutaan.

modifikasi MPV

Kamera parkir

Beberapa MPV sudah dilengkapi dengan kamera parkir bawaan pabrik. Jika pada mobilmu belum tersedia, bisa kok pasang sendiri.

Pertama pastikan dulu audio head unit pada mobilmu sudah support untuk menghasilkan citra yang ditangkap oleh kamera. Kalau memang sudah, kamu tinggal memasang kamera parkir saja.

Selain terlihat kekinian, kamera parkir ini akan sangat membantu visualisasi ketika kamu parkir, sesuai dengan namanya.

Baca juga: Jarang Disadari, Alat-alat Ini Sangat Membantu Ketika Parkir

Harga kamera parkir dan pemasangan di bengkel modifikasi bervariasi. Banyak yang mempengaruhinya mulai dari kualitas gambar yang dihasilkan hingga fiturnya.

Di toko online misalnya, kamera parkir ini dijual dengan harga mulai Rp 100 ribuan saja berikut dengan kabel untuk pemasangannya.

modifikasi MPV

Pakai sunroof

Mau modifikasi MPV agar terlihat sepert mobil elegan? Salah satu solusinya pakai sunroof. Ini merupakan jendela atau kaca di atap yang mampu membentuk sudut tertentu ketika dibuka.

Biasanya, bagian belakang sunroof akan naik saat dibuka, persis seperti sistem yang digunakan pada ventilasi bus kota jaman dulu.

Situasi ini mungkin sangat didambakan oleh sebagian orang, terlebih berkendara saat cuaca cerah dan di daerah pegunungan, memiliki sunroof di mobil pastinya sangat berguna sebagai sarana sirkulasi udara. Ini merupakan salah satu keuntungan mobil dengan sunroof.

Baca juga: Apa Itu Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof serta Perbedaannya?

Bagi kamu yang ingin memakai sunroof di MPV kesayangan, siapkan dana sekitar Rp 15 juta sampai dengan Rp 25 juta, tergantung dari jenis sunroof yang digunakan.

Nah, itu dia rekomendasi modifikasi MPV untuk dipakai harian agar tetap nyaman.

Salah modifikasi bisa saja berakibat fatal yang mengganggu kinerja mobil, atau karena menyalahi aturan dan regulasi, kamu bisa saja diberhentikan polisi dan ditilang.

Jadi, dalam memodifikasi mobil, selalu ingat aspek kenyamanan, keselamatan, dan keamanan ya, terlebih jika mobil tersebut adalah mobil yang dipakai sehari-hari.