Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jarang Disadari, Alat-alat Ini Sangat Membantu Ketika Parkir

Teknik memarkirkan mobil merupakan hal penting yang harus sedimiliki oleh setiap pengendara, apalagi ketika ingin parkir di area yang sempit. Untuk itu, ada beberapa aturan parkir yang juga harus dikuasai pengendara agar tidak mengganggu mobil lainnya.

 

Di sisi lain, ada alat yang dapat membantu pengendara untuk menaati aturan dan menerapkan teknik parkir. Biasanya, pengendara sering memanfaatkan alat-alat tersebut namun jarang menyadari ternyata sangat dibutuhkan ketika parkir.

 

Apa saja alat-alat yang dapat membantu Anda ketika parkir tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.

 

Kaca spion

Selain berguna untuk melihat kendaraan yang berada di samping dan belakang ketika berkendara, kaca spion juga sangat dibutuhkan ketika sedang memarkirkan mobil. Terlebih di parkiran yang sempit, Anda harus memastikan di sekeliling Anda aman agar mobil tidak menyenggol mobil lain atau benda lainnya.

 

Namun, ketika melihat kaca spion, jangan lupa untuk selalu konsentrasi dalam berkendara. Jangan sampai Anda hanya terfokus pada kaca spion saja dan meninggalkan sisi mobil yang lainnya.

 

Kamera parkir

Semakin berkembangnya teknologi, parkir juga semakin mudah. Jika dulu hanya mengandalkan kaca spion saja, mobil-mobil sekarang justru sudah disematkan kamera parkir yang sangat membantu Anda ketika parkir.

 

Anda dapat melihat bagian belakang mobil di layar monitor (head unit) mobil Anda tanpa harus melihat di kaca spion tengah. Bahkan, beberapa mobil jaman sekarang sudah menggunakan kamera 360 derajat bawaan pabrikan. Salah satunya adalah Daihatsu All New Terios.

 

Terios menyematkan 4 kamera 360 derajat untuk membantu pengendara melihat seluruh area di bagian luar mobil, termasuk saat parkir. Kamera ini diletakkan pada bagian spion dan bemper mobil.

 

Ketika transmisi mobil dipindahkan ke posisi R, kamera akan aktif secara otomatis beroperasi. Hasil gambar dari kamera tersebut dapat dilihat di around view monitor yang terdapat pada head unit. Canggih kan?

 

Parking assist

Selain kamera parkir, pengendara juga dipermudah dengan adanya parking assist. Fitur ini akan memudahkan mereka ketika melakukan parkir. Cara kerja parking assist terbilang sederhana namun cukup membantu, yaitu dengan memberikan peringatan berupa bunyi kepada pengendara apabila posisi mobil terlalu dekat dengan objek lainnya, seperti trotoar, tembok, mobil lain, dan sebagainya.

 

Kinerja parking assist ditunjang oleh sensor yang terpasang di bagian samping, depan, dan belakang mobil. Sensor tersebut yang akan mengirimkan sinyal peringatan jika mobil sudah terlalu dekat dengan objek disekitarnya.

 

Remote Control Parking

bmw display keyFitur yang satu ini tergolong baru di Indonesia. Mobil yang menggunakan Remote Control Parking adalah All-new BMW 740Li dan sudah diperkenalkan kepada publik pada tahun lalu. Remote Control Parking memungkinkan pengendara untuk memarkirkan kendaraan mereka tanpa harus menyentuh kemudi.

 

Pengendara hanya perlu memajukan dan memundurkan mobil mereka menggunakan remote control tanpa harus berada di dalam mobil. Sangat cocok digunakan jika Anda ingin parkir di lahan yang sempit, terlebih ketika Anda kesulitan ketika membuka pintu mobil.

 

Garis pembatas

Ini mungkin sering terlupakan oleh pengendara ketika sedang parkir. Tetapi, garis pembatas yang berada di parkiran sangat membantu posisi mobil ketika Anda parkir. Garis pembatas juga menjaga jarak aman mobil Anda dengan mobil lainnya agar aman dan nyaman.

 

Anda juga tidak perlu menerka-nerka luas area parkir jika sudah terdapat garis pembatas, karena area parkir tersebut pasti muat untuk mobil Anda.

 

CariParkir

booking parkir onlineAplikasi yang satu ini juga dapat menjadi alternatif ketika Anda kesulitan saat mendapatkan tempat parkir. CariParkir sudah bekerja sama dengan mitra parkir yang tersebar di area Jabodetabek dan terletak di sekitar stasiun, pintu tol, terminal, mall, dan gedung perkantoran. Jadi, Anda dapat mencari lokasi parkir yang terdekat dari lokasi tujuan Anda.

 

Anda juga dapat memanfaatkan fitur fitur booking parkir pada aplikasi CariParkir sebelum datang ke lokasi parkir. Jadi, Anda tidak lagi repot untuk mencari area parkir kosong ketika akan parkir karena Anda sudah dipastikan dapat tempat.

 

Lalu, untuk mengetahui informasi rinci lokasi parkir, seperti alamat, harga, waktu operasional, dan lain-lain, Anda dapat menggunakan fitur Info Parkir. Fitur-fitur tersebut memudahkan Anda untuk menemukan lokasi dan slot parkir tanpa harus membuang banyak waktu.

 

Download CariParkir:

 

 

Dengan adanya alat-alat di atas, memarkirkan kendaraan pastinya akan lebih mudah. Tetapi, tetap harus fokus ya, jangan sampai kendaraan Anda menyenggol objek lainnya karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.