mudik gratis pemprov DKI

Program Mudik Gratis Pemprov DKI Membawa 24.164 Penumpang, Tujuannya Kemana Saja?

mudik gratis pemprov DKI

Tahun ini mudik gratis pemprov DKI hadir kembali dengan tema “Mudik Nyaman, Silaturahmi Lancar”. Program ini diinisiasi langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan pada hari Senin, 17 April 2023 telah melepas 284 bus yang mengangkut 13.541. 

Acara pelepasan mudik gratis Pemprov DKI ini dilakukan langsung di Lapangan Monas menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, menyebut ada total 24.164 pemudik yang mengikuti program ini.  

“Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (yang memenuhi persyaratan),” kata dia dikutip dari Kompas.com.

Baca juga:Ada di Jawa dan Sumatera, Astra Siaga Lebaran 2023 Bikin Nyaman Perjalanan Mudik

Menurut Syafrin, jumlah tersebut naik 25,3 persen dari target yang telah ditetapkan, sehingga terdapat penambahan 18 armada bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik.

Tujuan Program Mudik Gratis Pemprov DKI 

mudik gratis BUMN

Penumpang yang telah mendaftar program mudik gratis pemprov DKI akan diantar ke tujuan masing-masing. Baik itu ke kota dan kabupaten yang tersebar di Indonesia, ada dimana saja? 

  • Bandar Lampung (Provinsi Lampung)
  • Palembang (Provinsi Sumatera Selatan)
  • Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat)
  • Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah)
  • Yogyakarta (Provinsi DIY)
  • Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengadakan mudik gratis dengan berbagai moda transportasi. Mulai dari bus, kereta api hingga kapal laut bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran 2023 bersama keluarga di kampung halaman. 

Baca juga: Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Toyota Siapkan 308 Layanan Servis

Program mudik gratis juga jadi salah satu cara Kemenhub untuk mempersiapkan kelancaran mudik Lebaran. Tujuannya juga untuk menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik lebaran mengingat diprediksi ada 123,8 juta masyarakat yang akan mudik Lebaran. 

Mudik aman dengan aplikasi

perjalanan mudik

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mendorong para pemudik menggunakan aplikasi. Saat ini ada aplikasi seperti MitraDarat dan Ferizy demi perjalanan mudik yang lancar.

Dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat mendaftar mudik gratis. Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan, para pengguna bus dapat mengecek apakah bus lebaran 2023 yang akan dinaikinya sudah laik untuk beroperasi atau belum.

Baca juga: Mobil Listrik Jadi Salah Satu Kendaraan Bebas Ganjil Genap saat Lebaran 2023

Demi kenyamanan perjalanan mudik, tidak disarankan membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. 

lebaran dan mudik

Untuk pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antar bank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya. Jadi, Program mudik gratis mempermudah masyarakat untuk pulang kampung dengan aman dan nyaman.

Namun perlu diperhatikan bagi para pemudik untuk selalu menjaga barang-barang bawaannya selama mudik Lebaran. Jangan sampai ada barang-barang yang hilang selama perjalanan mudik nanti ya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *