Plat Nomor Biru, Apa Bedanya dengan Plat Nomor Hitam?

20 February 2020

Plat nomor biru rencananya akan diberlakukan di Indonesia. Namun, apa bedanya dengan plat nomor hitam?

plat nomor biru

Plat nomor adalah identitas kendaraan yang memiliki berbagai warna. Ada beberapa yang sering terlihat oleh pengendara di jalan, seperti warna hitam, merah, kuning, dan lain sebagainya.

 

Tetapi, apakah kamu sudah pernah melihat kendaraan berplat nomor biru? Bila belum, kini ada pelat nomor biru yang akan berlaku di Indonesia.

 

Lalu, apakah perbedaan plat nomor biru dan plat nomor hitam atau lainnya yang biasa ditemui pada kendaraan bermotor?

Plat nomor biru khusus kendaraan bertenaga listrik

Plat nomor biru rencananya akan digunakan oleh kendaraan dengan sistem penggerak listrik atau yang familiar dikenal dengan kendaraan listrik.

 

Baca juga: Diklaim Rendah Emisi, Ini Beberapa Keuntungan Memiliki Mobil Listrik

 

Seperti yang diatur dalam Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor 5 Tahun 2020 tentang Standarisasi Spesifikasi Teknis Materil TNKB dan TCKB Roda Empat atau Lebih dan Roda dua atau tiga yang berlaku sejak 8 Januari 2020, plat nomor untuk kendaraan listrik rendah emisi memiliki tambahan garis biru pada bagian bawah, yaitu tepat pada angka, tanggal, dan tahun penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

 

Baca juga: Perpres Diteken, Apa Saja Keunggulan Mobil Listrik?

 

Plat nomor biru nantinya diperuntukan untuk kendaraan listrik murni yang menggunakan baterai. Dengan kata lain, mobil dengan tipe hybrid atau Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) akan tetap menggunakan plat nomor hitam, sama dengan mobil konvensional pada umumnya.

 

Ketetapan ini sudah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik ( KBL) Berbasis Baterai.

SHARE