Perpanjang STNK di GIIAS Mudah dan Berhadiah, Bisa Loh?

Bayar pajak dan perpanjang STNK di GIIAS ternyata cukup mudah. Prosesnya dibantu dan bisa bawa pulang hadiah. Yuk laksanakan!

Perpanjang STNK di GIIAS

Perpanjang STNK di GIIAS menjadi salah satu booth yang ramai pengunjung selama pameran GIIAS 2022 berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Lokasi booth Samsat Digital Nasional (SIGNAL) memang cukup strategis, terletak di selasar Hall 10, yang ramai dilalui pengunjung keluar atau masuk dari area parkiran mobil. 

SIGNAL sendiri merupakan aplikasi resmi penyelenggara proses layanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Selama dibuka sejak tanggal 11 Agustus lalu, setidaknya telah ratusan pengunjung yang memanfaatkan sebagai sarana untuk bayar pajak kendaraan. 

Dalam pantauan SEVA, booth memang terlihat tidak pernah sepi pengunjung. Tiga wiraniaga yang bertugas terlihat sibuk memberikan penjelasan kepada pengunjung. Sementara dua petugas lain siap membantu proses lanjutan via laptop.

Perpanjang STNK di GIIAS

Proses mudah

Di lokasi, pengunjung yang ingin bayar pajak kendaraan cukup mengunduh aplikasi SIGNAL. Namun, kebanyakan pengunjung mengaku rumit saat mengunduh dan melakukan verifikasi. 

Baca juga: Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP yang Bisa Dilakukan Pemilik Mobil

Tidak usah khawatir, karena wiraniaga sangat membantu. Semua proses bisa dikerjakan mereka hanya dengan meminjamkan KTP. Kamu cukup duduk manis dan semua proses bisa selesai tanpa kendala.

Menurut salah satu pengunjung, Verawati, adanya booth perpanjang STNK di GIIAS ini cukup menguntungkan. Pajak mobilnya yang akan habis akhir bulan Agustus dapat diselesaikan dalam hitungan menit di booth tersebut.

Beri hadiah

Tidak hanya mudah, para pengunjung yang mengunduh aplikasi SIGNAL dan membayarkan perpanjang STNK di GIIAS juga tidak pulang dengan tangan kosong.

Baca juga: Cara Mengurus STNK Hilang yang Bukan Atas Nama Sendiri

Menurut keterangan salah seorang wiraniaga di sana, tersedia hadiah tumbler atau tempat minum dan USB flashdisk bagi pengunjung. Hadiah tumbler bisa diambil jika pengunjung melakukan pendaftaran dan verifikasi KTP di booth SIGNAL. 

Jika kamu melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi yang telah terunduh di smartphone, silakan bawa pulang flashdisk sebagai hadiah, selama persediaan masih ada.

booth signal

Sarana edukasi

Kehadiran booth SIGNAL di GIIAS 2022 ini sekaligus menjadi ajang edukasi pada masyarakat dan wajib pajak. Artinya, mereka tidak perlu repot meluangkan waktu ke Samsat terdekat karena semua proses dilakukan via aplikasi SIGNAL, kapan dan dimana saja.

Baca juga: Promo Daihatsu GIIAS 2022, Mobil Apa Saja Itu?

Untuk pengiriman berkas juga dapat dilakukan dengan jasa pos atau kurir yang bekerjasama dengan aplikasi SIGNAL. Wajib pajak hanya tinggal duduk manis dan menunggu semua berkasnya di rumah.

Kepraktisan ini diakui salah satu pengunjung yang baru mengetahui adanya aplikasi SIGNAL untuk perpanjang STNK di GIIAS. 

“Tadi saya mampir sebentar, terus tanya-tanya. Baru tau sih ada aplikasi ini. Nanti deh pas lowong coba unduh aplikasinya. Praktis banget kalau bisa bayar-bayar dari smartphone,” ujar Erdita.

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, Daihatsu Ayla EV Melantai di GIIAS 2022

GIIAS 2022

Sebagai informasi SIGNAL hanya melayani bayar pajak kendaraan tahunan. Sementara untuk pajak kendaraan 5 tahunan tetap dilakukan ke Samsat terdekat sambil membawa kendaraan untuk cek fisik.

Booth SIGNAL di GIIAS 2022 akan tetap buka sampai akhir pameran, tanggal 21 Agustus 2022 mendatang. Tidak hanya mobil, kendaraan roda dua, roda tiga sampai kendaraan listrik pun bisa dilakukan pembayaran pajaknya lewat aplikasi SIGNAL. 

Aplikasi SIGNAL dapat kamu unduh gratis di Playstore pada link ini. Sementara untuk pengguna iOS dapat mengunduhnya di link ini

Jadi, jangan ada alasan lupa dan tidak punya waktu lagi untuk bayar pajak kendaraan ya. Nggak mau kan kena tilang gara-gara pajak kendaraan kadaluarsa? Langsung cobain SIGNAL aja, yuk!