Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Suara Knalpot Mobil Tiba-Tiba Berubah

Suara knalpot yang berubah bisa menjadi pertanda adanya sebuah masalah pada mobil. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

suara knalpot

Suara knalpot mobil bisa saja mengalami perubahan dan ini bisa menjadi pertanda adanya komponen yang bermasalah. Hal ini perlu diperhatikan karena knalpot mobil cenderung lebih rentan mengalami korosi. 

Korosi yang terjadi ini bisa disebabkan karena cipratan air, jarang dibersihkan, atau tinggal di daerah sekitar laut. Jika timbul korosi pada knalpot mobil, biasanya akan dibarengi dengan melemahnya kinerja mesin. 

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab suara knalpot mobil berubah? 

Suara knalpot mobil bocor

asap knalpot

Knalpot mobil bocor ini menjadi penyebab yang paling sering membuat suara berubah. Kebocoran ini bisa terjadi karena exhaust manifold mengalami keretakan dan mengalami perubahan bentuk. 

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Manfaat dan Dampaknya?

Hal ini terjadi bisa saja karena adanya benturan atau getaran saat melalui jalanan yang bergelombang. Terlepas dari besar atau kecilnya kebocoran yang terjadi, biasanya akan timbul suara seperti cucuran air pada keran hingga suara gemuruh yang keras saat mesin dihidupkan.

Pemilik mobil juga bisa mendeteksi adanya knalpot mobil bocor melalui cara lain. Caranya adalah dengan melihat bintik-bintik kehitaman pada permukaan manifold yang berasal dari gas buang yang keluar. 

Kebocoran knalpot mobil pada gasket sambungan pipa knalpot 

gasket mobil

Penyebab suara knalpot mobil rusak adalah karena gasket yang bocor atau rusak. Gasket atau segel merupakan dua sambungan yang terdapat pada pipa knalpot, jika terjadi kebocoran maka suara knalpot akan lebih keras dan biasanya ada bubuk residu berwarna hitam. 

Baca juga: Jual Mobil Bekas Banjir, Apa Saja Kerugiannya?

Residu berwarna hitam ini biasanya akan menempel di sisi sambungan pipa knalpot. Untuk itu, pemilik mobil sebaiknya selalu mengecek kondisi knalpot mobil secara keseluruhan. 

Adanya sumbatan pada konverter katalitik

Residu oli mesin atau karbon yang terjadi karena mobil tidak dirawat ini bisa menyebabkan sumbatan pada konverter katalitik. Jika dibiarkan, hal ini pada akhirnya bisa berujung pada penurunan performa mesin mobil. 

Sensor oksigen yang rusak

sensor oksigen

Fungsi dari sensor oksigen adalah untuk mengukur kadar oksigen yang ada dalam gas buang. Selain itu, berfungsi untuk memberikan masukan bagi sistem komputer mobil untuk mengatur kadar campuran udara-bahan bakar.

Baca juga: Fungsi Minyak Power Steering dan Tips Memilihnya

Jika sensor oksigen mengalami masalah, biasanya akan terlihat dari lampu “check engine” yang menyala. Tanda lainnya yang menunjukkan sensor oksigen bermasalah adalah adanya kode kesalahan saat memeriksa ECU

Masalah pada sensor oksigen biasanya ditunjukkan dengan lampu “check engine” yang menyala, serta munculnya kode kesalahan saat memeriksa ECU.

Kebocoran dan penyumbatan pada pipa knalpot 

pipa knalpot

Suara knalpot mobil yang berubah juga bisa terjadi karena adanya kebocoran pada pipa knalpot. Kebocoran ini bisa terjadi karena adanya benturan dan bisa terjadi pada semua bagian knalpot mobil. 

Baca juga: Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Diganti

Selain kebocoran pada pipa knalpot, penyumbatan juga dapat terjadi pada komponen yang satu ini. Penyumbatan pada pipa knalpot mobil dapat mengakibatkan penurunan performa mesin secara signifikan

Kerusakan komponen pendukung pipa knalpot

pipa knalpot

Komponen pipa knalpot yang rusak dapat menyebabkan pipa knalpot menabrak bodi mobil atau terseret ke permukaan jalan. Sayangnya karena letak knalpot yang ada di bawah mobil, tak jarang sebagian pemilik mobil lalai dalam memperhatikan kondisi knalpot.

Bahkan, pada beberapa mobil tua, terutama yang berusia di atas 10 tahun, tidak jarang ditemukan masalah keropos pada sistem pembuangan yang bisa menyebabkan kebocoran. Jika demikian, tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Jadi, buat kamu yang khawatir mengenai suara knalpot mobil yang berubah bisa mengecek tanda-tanda tadi ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.