Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Rem Tangan Macet Tiba-Tiba, Yuk Cari Tahu!

Rem tangan macet bisa menjadi sangat membahayakan, apalagi jika sedang berada di tanjakan. Apa saja yang menjadi penyebabnya?

rem tangan

Masalah rem tangan macet ini sangat mengganggu dan utamanya adalah bisa membahayakan keselamatan, baik itu yang ada di dalam mobil ataupun di sekitarnya. Untuk itu, penting sekali memerhatikan kondisinya agar tetap prima saat berkendara. 

Namun sayangnya, beberapa faktor penyebab bisa membuat komponen ini menjadi macet atau bahkan rusak. Jika sudah begini, tentunya harus langsung dilakukan pengecekan dan segera diperbaiki. 

Lantas, faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab rem tangan macet?

Menarik rem tangan saat mobil jalan

menarik rem tangan

Rem tangan macet bisa disebabkan karena kebiasaan pengemudi yang menarik komponen tersebut ketika mobil masih dalam keadaan berjalan. Tidak hanya bisa merusak komponennya, tetapi kebiasaan ini juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Untuk itu, sebaiknya pengemudi tidak melakukan kebiasaan ini dan pastikan ketika mobil sudah berjalan rem tangan sudah dalam keadaan diturunkan. 

Tarikan yang terlalu kuat

tarikan terlalu kuat

Alasan lain yang bisa menjadi penyebab handbrake macet adalah karena terlalu kuat saat menarik tuas rem tangan dan dilakukan secara terus menerus. Biasanya kondisi ini terjadi karena tuas handbrake bisa melebihi ambang batas gerigi di dalamnya.

Tuas rem tidak dikembalikan setelah ditarik

Penyebab lain yang bisa menyebabkan rem tangan macet yaitu karena tuas handbrake tidak dikembalikan lagi setelah ditarik. Ini menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh setiap pengendara mobil. 

Baca juga: Ciri Kampas Kopling Habis dan Akibat Bila Tidak Segera Diganti

Jika tidak memahami dampak yang akan ditimbulkan, tentu kebiasaan ini bisa menyebabkan bahaya. Bagi pengendara mobil, sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja komponen yang satu ini. 

Menarik tuas rem tangan terlalu lama

tuas rem

Saat berhenti atau berada di lampu merah, pengendara mobil mungkin akan menarik tuas rem tangan. Namun, sangat tidak disarankan untuk melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Apalagi jika area di sekitar mobil terdapat genangan air atau sedang dalam kondisi banjir. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya karat dan pada akhirnya karat itu bisa lengket pada rem sehingga handbrake akan menjadi macet. 

Performa kampas rem yang menurun

kampas rem

Penyebab lain dari rem tangan macet adalah menurunnya pengaturan brake shore atau yang dikenal juga dengan kampas rem. Kondisi kampas rem yang sudah tidak maksimal ini akan membuat tuas handbrake menjadi lebih tinggi ketika diaktifkan. 

Baca juga: Toyota All New Vios Resmi Meluncur, Perubahannya Total!

Untuk itu, pemilik mobil harus rutin melakukan penggantian kampas rem secara teratur. Biasanya, kampas handbrake mobil bisa bertahan hingga 5 tahun. 

Biaya perbaikan rem tangan mobil

biaya perbaikan

Sama seperti kerusakan pada komponen mobil lainnya, biaya perbaikan rem tangan mobil juga sangat bervariasi. Biaya yang harus dikeluarkan akan bergantung pada bagian mana yang mengalami kerusakan. 

Jika ingin melakukan pengaturan agar handbrake mobil lebih pakem, biasanya akan dikenakan tarif mulai dari Rp 200.000 saja. Namun, jika penyebab rem tangan macet karena adanya masalah pada kampas rem tentunya harus melakukan penggantian kampas rem dulu. 

Baca juga: Bikin Power Steering Mobil Rusak, Hindari 5 Kebiasaan Ini!

Untuk harga kampas rem sendiri, kisarannya adalah Rp 450.000-Rp 600.000 per set tetapi itu semua bergantung pada tipe atau jenis mobil yang digunakan. Sedangkan jika masalahnya ada pada kabel, biasanya tarif perbaikannya dimulai dari Rp 500.000 per kabel. 

Sebagai informasi tambahan, biaya perbaikan yang disebutkan tadi berlaku untuk rem tangan pada mobil-mobil konvensional. Untuk mobil-mobil dengan handbrake elektrik tentu harganya akan jauh lebih mahal.

Nah, daripada harus merogoh kocek lebih untuk biaya perbaikan rem tangan macet lebih baik menghindari penyebab-penyebabnya ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.