Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Ngantuk Saat Mengemudi Mobil di Bulan Puasa

Apa sih penyebab ngantuk saat mengemudi mobil yang harus kamu hindari, terutama di bulan puasa ini? Baca selengkapnya di artikel berikut.

penyebab ngantuk saat mengemudi

Kerap kali kita merasakan penyebab ngantuk saat mengemudi mobil. Ditambah lagi jika harus berkendara saat bulan puasa nanti, bisa jadi rasa kantuk lebih mudah datang.

Menjalani aktivitas sambil berpuasa bukanlah hal mudah. Biasanya, tubuh terasa lemas karena harus menahan lapar dan haus hampir seharian.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Kalau tubuh sudah lemas, akan lebih rentan ngantuk dan konsentrasi menurun. Tentunya jika hal ini terjadi bisa membahayakan keselamatan pengemudi.

Nah, supaya kamu dapat mengatasi ngantuk ketika mengemudi sambil berpuasa, kamu perlu tahu apa penyebab ngantuk saat mengemudi. Simak penjelasannya berikut ini.

penyebab ngantuk saat mengemudi

Permasalahan tidur

Salah satu penyebab utama rasa ngantuk melanda ketika mengemudi adalah jam tidur yang kurang teratur. Pada saat mengemudi di pagi hari, kamu jadi merasa ngantuk bahkan bisa menyebabkan microsleep.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Mengingat kamu perlu bangun sahur, jam tidur pun akan terpengaruh selama bulan puasa ini. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam per hari.

Selain kurang tidur, rasa ngantuk yang kamu rasakan bisa jadi karena kamu memiliki gangguan tidur seperti sleep apnea. Gangguan tidur terkadang tidak kamu sadari, jadi kalau sudah merasa bermasalah dengan tidur sebaiknya konsultasi ke dokter.

Kondisi tubuh kurang sehat

Jika kondisi tubuh kamu sedang kurang sehat dan memaksakan diri untuk mengemudi, juga berpotensi bikin kamu ngantuk. Apalagi kalau kamu mengonsumsi obat-obatan yang punya efek samping mengantuk.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Ketika merasa tubuh sedang kurang sehat, tidak disarankan untuk mengemudi. Selain mengantuk, dikhawatirkan pula kamu tiba-tiba pusing dan jadi kehilangan konsentrasi mengemudi.

penyebab ngantuk saat mengemudi

Jalanan monoton

Penyebab ngantuk saat mengemudi lainnya adalah jalanan yang monoton (panjang dan lurus).

Biasanya hal ini kerap terjadi ketika kamu mengemudi di jalan tol, khususnya di ruas tol seperti Trans Jawa, dan sebagainya.

Jalanannya yang cenderung lurus dengan pemandangan yang itu-itu saja dapat menimbulkan rasa bosan sehingga rasa kantuk pun melanda.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memutar lagu kesukaan atau mendengarkan radio agar mengurangi rasa ngantuk. 

Akan lebih baik lagi kalau ada seseorang yang menemani kamu selama mengemudi. Kamu bisa ajak dia ngobrol sehingga kamu pun tidak merasa ngantuk.

penyebab ngantuk saat mengemudi

Hindari hal yang bikin ngantuk

Agar rasa ngantuk tidak datang, tentunya kamu perlu menghindari hal-hal yang dapat memicu ngantuk. Seperti menghindari berkendara dengan suhu AC (air conditioner) mobil yang terlalu dingin, sebab bisa bikin ngantuk.

Baca juga: Asuransi Prioritas yang Harus Diutamakan dan Dimiliki Segera

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi saat sahur juga dapat berpengaruh, lho. Misalnya seperti nasi putih yang punya indeks glikemik yang tinggi sehingga rasa ngantuk cepat datang.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seimbang supaya kamu tidak cepat lemas dan lapar selama menjalani aktivitas sambil berpuasa.

Jadi, untuk menghindari penyebab ngantuk saat mengemudi di bulan puasa, pastikan menjaga pola makan dan tidur, serta lebih mempersiapkan diri sebelum mengemudi. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Audio Mobil

Seperti mencari jalur alternatif yang tidak terlalu macet, atau menyiapkan cemilan dan air apabila ingin berkendara menjelang waktu berbuka puasa.

Lalu, apabila rasa ngantuk tidak dapat dihindari, jangan paksakan diri untuk mengemudi dan berhentilah sejenak di tempat yang aman. Kamu bisa lakukan stretching ringan atau tidur sejenak selama 10-30 menit.

Selalu berkendara dengan aman supaya nyaman di perjalanan dan selamat sampai tujuan!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.