oli gardan

Pengguna RWD, Yuk Kenali Ciri Oli Gardan Harus Segera Diganti

oli gardan

Oli gardan pada mobil berpenggerak roda belakang (RWD) memegang peranan penting. Gardan memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke bagian roda belakang sehingga mobil bisa bergerak.

Sesuai namanya oli gardan bertugas melumasi gardan mobil. JIka terlambat melakukan penggantian, maka berpotensi merusak peran gardan sehingga dapat merambat pada kerusakan komponen mobil lainnya.

Untuk diketahui, gardan sendiri berasal dari kata cardan yang memiliki arti roda-roda gigi khusus yang berbentuk roda gigi kerucut. Pengucapan cardan di lidah orang Indonesia akhirnya berubah menjadi gardan.

Baca juga: Benarkah Ganti Oli jadi Perawatan Mobil Paling Mudah dan Murah?

Yuk, kenali ciri-ciri oli gardan harus segera diganti. Apa saja ciri yang dapat dikenali dan kapan waktu penggantian terbaiknya?

Ciri oli gardan harus diganti 

Ada sejumlah tanda yang muncul dan dapat mengarah pada oli gardan yang harus diganti. 

1 . Suara berisik akibat oli kadaluarsa

oli gardan

Pertama muncul suara berisik dari bawah mobil. Suaranya menyerupai suara mendengung yang cukup keras. Suara ini akibat gesekan pada komponen di dalam gardan yang terlumasi pelumas kadaluarsa.

2 . Getaran saat melaju

oli gardan

Ciri kedua yang dapat dikenali sebagai tanda pelumas harus diganti adalah munculnya getaran pada kendaraan. Getaran akan terasa pada saat mobil melaju di jalan lurus ataupun berbelok.

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Getaran juga makin terasa ketika mobil dibawa dengan kecepatan tinggi. Hal itu tentu membuat tidak nyaman, selain berbahaya dan berisiko menyebabkan kecelakaan, dapat juga membuat pengemudi gugup.

3 .  Aroma terbakar pada oli gardan

oli gardan

Hal lain yang dapat menjadi tanda oli gardan sudah saatnya diganti, adalah muncul aroma hangus terbakar dari area gear box. Aroma ini muncul karena kondisi gardan terlalu panas akibat pelumas kadaluarsa dan pada akhirnya kehilangan daya lumas.

Aroma juga bisa muncul akibat oli gardan kotor, sehingga ini menjadi satu ciri yang mudah dikenali untuk menggantinya.

4 . Berubah warna

oli gardan

Periksa langsung dan lihat warnanya. Jika telah berubah keruh dan bertekstur lengket, maka itu saatnya kamu melakukan penggantian. 

5 . Roda sulit dikendalikan

oli gardan

Ciri terakhir yang menandakan kadaluarsa adalah roda menjadi sulit dikendalikan. Seperti diketahui, salah satu fungsi gardan adalah mengendalikan laju roda belakang sehingga selaras dengan roda depan.

Baca juga: Fungsi Ball Joint dan Gejalanya Bila Sudah Aus

Jika telah kadaluarsa, maka peran gardan untuk mengendalikan perputaran roda menjadi terganggu dan berakibat kecepatan putar berbeda. Kondisi ini berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Mengingat pentingnya peran tersebut, kapan waktu yang tepat untuk menggantinya? 

Waktu penggantian oli gardan

oli gardan

Para pemilik mobil RWD sebaiknya rutin mengecek dan mengganti pada tempo 2 tahun pemakaian atau saat menempuh jarak 40 ribu kilometer.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Agar lebih jelas kamu dapat mengeceknya pada buku panduan mobil tentang kapan waktu penggantian yang disarankan.

Untuk harga, dijual cukup terjangkau. Pada mobil manual, kisaran harganya Rp160 ribu per 4 liter. Kemudian pada mobil matik, harganya di kisaran Rp280 ribuan per 4 liter.

Untuk mendapat kualitas terbaik, biasanya pabrikan memiliki rekomendasi tipe oli gardan sesuai spesifikasi masing-masing mobil. Penggantian juga baiknya dilakukan pada bengkel resmi agar mendapatkan garansi kerja.

Baca juga: 4 Rekomendasi Mobil 1300 cc Buat Keluarga Kecil Harga 200jtan!

Jangan lupa, melakukan penggantian secara rutin sehingga kamu dapat terhindar dari masalah pada kendaraan. Yuk, cek dan ganti oli gardan mobil kamu, jangan tunda lagi ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *