Mumpung #DiRumahAja Cek dan Rawat Ban Serep Mobil, Yuk!

By Arris Riehady - April 6, 2020

Sering dilupakan namun fungsinya penting di mobil, yaitu ban serep. Yuk, cek dan rawat ban serep mobil. Ini cara sederhananya.

merawat ban serep

Fungsinya penting di mobil, ban serep atau ban cadangan ini digunakan untuk menggantikan salah satu dari empat ban utama bila mengalami gangguan.

 

Ban mobil yang bocor, pecah, atau kempis bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jadi, kamu sebagai pemilik mobil harus bersiap dengan keadaan tersebut.

 

Oleh karena itu, penting untuk merawat ban serep mobil agar #BikinKamuSiap bila sewaktu-waktu terjadi masalah pada ban utama. Caranya, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini.

merawat ban serep

Rawat ban serep

Tidak sulit bagi pemilik mobil untuk rawat ban serep. Hal pertama yang mesti dilakukan untuk rawat ban serep adalah selalu melakukan pengecekan rutin. Disarankan agar melakukan pengecekan tiap tiga hingga empat minggu sekali terhadap ban serep.

 

Bila sudah mulai kempis, segera lakukan penambahan angin. Berbeda dengan keempat ban utama, ada baiknya ban serep diberikan tekanan angin sedikit lebih sebesar dari yang disarankan. Misalnya, lebihkan dua sampai lima PSi, besaran nilai satuan tekanan.

 

Baca juga: Tutorial Ganti Ban Mobil Sendiri dengan Aman dan Mudah

 

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari pengempisan ban yang disebabkan oleh penguapan di tempat penyimpanan ban serep.

 

Lalu, baik ban serep maupun ban utama memiliki Tyre Identification Number (TIN), yang mencantumkan kode produksi untuk mengidentifikasi kapan ban tersebut dibuat. Kode produksi biasanya menggunakan empat angka yang menandakan minggu dan tahun pembuatan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!