Search Cars

Modifikasi

Memiliki Dashcam Mobil, Apakah Perlu?

Dashcam mobil ternyata bukan hanya aksesoris tambahan saja tetapi juga memiliki banyak kegunaan. Apakah perlu memasangnya?

dashcam mobil

Penggunaan dashcam mobil sebenarnya bukan hanya sebagai gaya-gayaan saja tetapi juga memiliki fungsi khusus yang bisa membantu pengendara atau bahkan bisa menghindari risiko-risiko merugikan selama di perjalanan. 

Kemampuannya dalam merekam video dengan kualitas yang cukup baik, membuat alat ini bisa menjadi solusi dari berbagai masalah yang mungkin pernah dialami ketika sedang mengendarai mobil di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Saat ini memang dashcam mobil menjadi aksesoris yang cukup banyak dicari dan penggunanya meningkat cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca juga: 6 Hal Penyebab Indikator BBM Tidak Akurat
Buat yang merasa bingung apakah harus memasang dashcam mobil atau tidak, inilah beberapa pertimbangannya:

dashcam mobil

Agar tidak salah ketika memilih dashcam mobil yang sesuai dan akan dipasang, yuk ikuti beberapa tips berikut ini!

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan

Saat akan memilih dashcam mobil, usahakan untuk memerhatikan apakah kamera tersebut sudah sesuai atau tidak dengan jenis mobil. Mengingat tidak semua jenis kamera dasbor ini bisa cocok untuk setiap jenis mobil. 

Baca juga: Benarkah Melepas Filter Udara Bisa Menaikkan Tenaga Mesin?

Selain itu, pastikan juga untuk memilih kamera dasbor dengan sistem pemasangan yang mudah dan sederhana agar tidak membingungkan. 

kualitas dashcam

Pertimbangkan fitur dan kualitas

Kualitas kamera yang semakin baik, tentu hasil gambarnya juga akan lebih baik. Itulah mengapa resolusi kamera yang ada pada kamera menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. 

Untuk mendapatkan hasil yang baik, pilihlah kamera dengan resolusi minimal high definition (HD) atau dengan ukuran 720 pixel di 30fps. Lebih baik lagi jika kamera sudah menggunakan fitur tambahan lainnya seperti mikrofon dan slot microSD. 

daya tahan tinggi

Daya tahan tinggi

Salah satu pertimbangan lain saat memilih dashcam mobil adalah harus memiliki daya tahan yang kuat, terutama jika harus terkena suhu tinggi. Biasanya pada siang hari, sinar matahari sangat terik dan mampu menembus kaca mobil yang bisa membuat dasbor menjadi panas. 

Baca juga: Ban Ukuran Besar untuk Mobil SUV, Apa Pentingnya?

Jika kamera dasbor yang dipilih tidak memiliki kekuatan yang mumpuni, tentunya kamera akan menjadi lebih cepat rusak. 

memiliki mode malam

Memiliki mode malam

Pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah pilih dashboard mobil yang sudah memiliki mode malam. Dengan begitu, ketika harus merekam di malam hari pun tidak mengalami masalah dan bisa tetap menghasilkan gambar yang maksimal. 

Selain itu, pastikan memiliki baterai cadangan serta memori penyimpanan yang lega sehingga tidak mudah penuh. 

Baca juga: Aturan Konversi Mobil Listrik, Apa Saja yang Harus Diketahui?

Jadi, bagaimana apakah penggunaan dashcam mobil memang diperlukan? Apapun pilihannya, usahakan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dan jangan sampai memaksakan ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.