Search Cars

Berita Utama Otomotif

Kominfo Blokir PayPal dan beberapa PSE lain, Apa Alasannya?

Blokir PayPal yang dilakukan Kominfo menjadi hal yang ramai diperbincangkan beberapa hari belakangan. Apa alasan Kominfo melakukan hal ini?

blokir paypal

Blokir PayPal menjadi perbincangan hangat di masyarakat beberapa waktu belakangan ini. Tercatat ada 7 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) diputus akses yaitu PayPal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com dan epicGames.

Kominfo tengah mengevaluasi dengan serius PSE Lingkup Privat yang belum melakukan pendaftaran, ataupun yang sudah mendaftar namun tidak memenuhi persyaratan yang berlaku.

 “Ada 53 yang kami suspend pendaftarannya karena memang data-datanya tidak valid, dan tidak mengisi dengan benar. Yang diputus aksesnya kami konfirmasi ada 7 (tujuh),” jelas Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dikutip dari Kominfo.go.id

kominfo

Kominfo buka blokir PayPal sementara

Mengenai pemutusan akses, Kominfo membuka sementara blokir PayPal dan terhitung efektif mulai 1-5 Agustus 2022. Pembukaan akses ini dilakukan setelah mendengar masukkan terkait masih banyaknya dana masyarakat yang tersimpan di aplikasi tersebut.

Baca juga: Ancaman Blokir WhatsApp, Instagram, Google, sampai Facebook Oleh Kominfo

“Menteri Kominfo memberikan kebijakan untuk membuka sementara PayPal. Jadi sekarang sudah bisa diakses kembali oleh masyarakat,” tambah Semuel. 

Diharapkan dengan adanya normalisasi ini bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat yang ingin memindahkan dana yang ada di dalam PayPal ke aplikasi lain. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi dan layanan digital untuk perbankan yang bisa digunakan. 

Kominfo sendiri hingga saat ini belum ada komunikasi dan korespondensi dengan pihak PayPal terkait pendaftaran PSE. Pendaftaran PSE dilakukan dalam rangka menciptakan ruang digital yang kondusif, aman dan nyaman bagi masyarakat.

Baca juga: Prediksi Mobil Listrik Terbaru yang Bakal Mejeng di GIIAS 2022

Sebagai update terbaru, per tanggal 31 Juli 2022 pukul 8 pagi sudah ada 9.039 Sistem Elektronik yang telah terdaftar. Jumlah tersebut didaftarkan oleh 5.453 PSE. 

pse privat

Perkembangan terbaru PSE lingkup privat

Kominfo juga saat ini sedang berupaya untuk melakukan komunikasi dengan Steam, Dota dan CS GO. Kementerian Kominfo telah mendapatkan respon dan tengah berkomunikasi lebih lanjut.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi (pendaftaran) dan masyarakat yang menggunakan layanan game ini bisa segera menggunakan kembali,” tutur Semuel. 

Baca juga: Mobil Listrik Bali Jadi Percontohan untuk Turunkan Emisi Karbon

Pihaknya optimis bahwa ketiga perusahaan gim tersebut akan segera memenuhi kewajibannya, dan bersamaan dengan pemenuhan kewajiban itu, akan segera dilakukan normalisasi.

Terakhir, berkaitan dengan Yahoo, Origin.Com, dan epicGames, sebelum dilakukannya pemutusan akses, Kementerian Kominfo memang sudah melakukan berbagai upaya untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola. 

Akan tetapi, sampai saat ini Kominfo belum menerima respon apapun dari ketiga platform tersebut. Semuel menyampaikan bahwa Kominfo masih membuka kesempatan dan masih berharap agar ketiga PSE tersebut dapat melakukan pendaftaran agar dapat segera dinormalisasi.

Baca juga: Indonesia Resesi, Benarkah Tidak Akan Terjadi?

Proses pendaftaran PSE merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menjaga dan memperkuat tata kelola ruang digital Indonesia. Proses pendaftaran ini sebetulnya bersifat administratif, sederhana dan tidak berbayar (gratis). 

apa itu paylater

Sosialisasi atas kebijakan ini juga telah dilakukan sejak kurang lebih 1,5 tahun yang lalu. Jika PSE mengalami kendala pendaftaran pun, Kementerian Kominfo menyediakan bantuan dan pendampingan teknis.

PSE yang mengalami hambatan teknis dalam proses pendaftaran para PSE dapat mengakses panduan pendaftaran melalui tautan https://s.id/pendaftaranpseprivat. Jika terdapat kendala lebih lanjut PSE dapat menghubungi layanan bantuan helpdesk Pendaftaran PSE lingkup privat melalui:

Jadi, bagaimana menurut kamu, apakah kebijakan terbaru yang dilakukan Kominfo ini sudah tepat atau belum nih? 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.