Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan Transmisi CVT yang Disematkan Pada Toyota Innova Zenix

Transmisi CVT disematkan pada seluruh varian Toyota Innova Zenix saat ini. Dibandingkan yang konvensional, apa kelebihannya?

transmisi cvt innova zenix

Penggunaan transmisi CVT pada seluruh varian Toyota Innova Zenix memiliki keuntungan tersendiri bagi pengemudinya. Memang penggunaan transmisi matic terbaru ini belum ada di generasi-generasi sebelumnya. 

Transmisi CVT yang digunakan ini dianggap bisa meningkatkan performa Toyota Innova Zenix menjadi lebih responsif. Selain itu, penggunaan transmisi otomatis pada seluruh varian mobil ini karena permintaan konsumen yang lebih banyak memilih varian otomatis.

Apa itu CVT?

transmisi CVT

Buat yang belum mengetahui apa itu CVT, secara singkat transmisi CVT adalah jenis transmisi yang menggunakan sabuk baja dan dua buah puli yang berfungsi untuk mengatur rasio. 

Baca juga: 7 Cara Merawat Power Steering Mobil dan Jenisnya

Kemudian setiap puli memiliki diameter yang bisa berubah, jadi lebih besar atau lebih kecil. Diameter itulah yang menjadi rasio gigi pada transmisi CVT dan bisa membuat perpindahan gigi bergerak secara berkelanjutan sehingga tidak ditemukan jeda maupun hentakan.

Kelebihan transmisi CVT 

sensasi innova zenix

Kelebihan penggunaan transmisi CVT pada Toyota All New Kijang Innova Zenix selain membuat performa mobil cukup responsif, bisa juga memperlebar jangkauan rasio. Ini terjadi karena adanya kombinasi antara sabuk baja dan gigi. 

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien serta menghasilkan akselerasi yang baik. Penggunaan bahan bakar yang efisien ini tentunya bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit. 

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Kondisi ini bisa terjadi karena Toyota menambahkan roda gigi dengan rasio 3.337 untuk maju dan 3.136 untuk mundur yang bekerja sama dengan rasio sabuk baja CVT di rentang 2.236-0,447.

Dengan ukuran final gear ratio yang berada di 4.262 memastikan akselerasi lebih mudah di berbagai kondisi sekaligus memberikan performa engine brake yang baik. Selain itu, Mode Sequential Shiftmatic 10-speed juga diadopsi agar perpindahan gigi mirip dengan mobil manual.

Penggunaan mode itu bisa membuat perpindahan di semua gigi yang dipilih, hanya dengan menggerakkan tuas transmisi ke + atau – ketika tuas berada di posisi M. 

Aman saat berada di tanjakan atau turunan

tanjakan

Transmisi CVT pada Toyota Innova Zenix juga sudah dilengkapi dengan uphill/downhill shift control. Ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan berkendara pada saat berada di rute pegunungan. 

Baca juga: Alasan Masih Ada Nama Kijang pada Toyota Innova Zenix

Sistem tersebut nantinya akan secara otomatis menilai apakah sedang berada di jalan menanjak atau menurun, melalui bukaan gas dan kecepatan mobil. Pada saat berada di posisi menanjak, kontrol pedal akselerasi bisa diinjak lebih dalam. 

Sedangkan pada saat berada di jalanan yang menurun dan mobil melaju lebih cepat, maka downshift akan beroperasi secara otomatis. Pada saat rem mulai bekerja, downshift akan memberikan efek engine brake yang lebih optimal. 

Perawatan transmisi CVT

merawat transmisi D-CVT

Toyota Innova Zenix ini tentunya memiliki perawatan transmisi CVT yang harus dilakukan oleh para pemiliknya. Apa saja yang harus dilakukan?

Penggunaan oli yang sesuai

Salah satu cara melakukan perawatan transmisi CVT pada Toyota Innova Zenis adalah dengan mengetahui oli yang tepat untuk digunakan. Pemilihan oli yang tepat ini bertujuan agar konsentrasi atau kandungannya memiliki tingkat kekentalan yang sesuai untuk mobil. 

Baca juga: Efek yang Timbul Akibat Mobil Jarang Dicuci Setelah Digunakan

Penggunaan oli untuk transmisi CVT yang tepat ini nantinya bisa membantu untuk melumasi seluruh komponen secara menyeluruh sehingga mampu mengatur kerenggangan pada input pulley dan output pulley

Rata-rata oli CVT mempunyai usia pemakaian 30.000 kilometer sampai 40.000 kilometer sesuai dengan rekomendasi periode penggantian oli CVT.

Selalu cek kondisi V-Belt CVT

mesin innova zenix

Selain oli, perawatan transmisi CVT pada Toyota Innova Zenix adalah dengan selalu mengecek sabuk atau V-Belt. Sabuk atau V-Belt ini berfungsi untuk menghubungkan input pulley dan output pulley.

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Jika sudah mengalami getas, sebaiknya langsung diganti karena ini merupakan salah satu komponen yang penting. kondisi sabuk juga bisa cepat rusak jika menggunakan oli yang tidak tepat. 

Buat yang ingin merasakan langsung transmisi CVT di Toyota All New Kijang Innova Zenix bisa langsung mengeceknya di SEVA ya untuk mengetahui spesifikasi serta harganya secara lengkap. 

Selain itu, jangan lupa menggunakan fitur unggulan yang tersedia yaitu Instant Approval dan Loan Calculator yang bisa memberikan kenyamanan finansial sampai kamu bisa mendapatkan mobil impianmu. 

Untuk itu, kalau mau beli mobil  pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.