Search Cars

Berita Utama Otomotif

Harga Minyak Dunia Turun, Bagaimana BBM di Indonesia?

Harga minyak dunia mengalami pada Jumat lalu mengalami penurunan pada level yang signifikan. Bagaimana BBM di Indonesia?

harga minyak dunia

Harga minyak dunia menyentuh angka terendah sejak Januari, yaitu berada di bawah US$ 80 per barel. Penyebab harga yang anjlok selama 8 bulan terakhir ini disebabkan karena penguatan dolar AS yang mencapai titik terkuatnya selama lebih dari dua dekade. 

Dikutip dari CNN, minyak dunia jatuh sebanyak 5,7% menjadi US$ 78,73 per barel pada hari Jumat. Angka tersebut merupakan level intraday terendah sejak 11 Januari. Hal ini dimungkinkan juga bisa menurunkan harga bensin. 

harga minyak dunia

Tanggapan Pertamina 

Mengenai harga minyak dunia turun ini, Pertamina juga memberikan tanggapannya. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan keputusan untuk menentukan harga BBM bersubsidi tergantung pada pemerintah selaku regulator. 

Baca juga: Beli Pertalite Dibatasi 120 Liter, Bagaimana Aturannya?

Meskipun memang untuk harga BBM non subsidi saat ini, bisa ada kemungkinan harganya mengalami penurunan. “Kalau yang subsidi kewenangan menentukan harga di regulator ya. Sementara untuk BBM non subsidi kemungkinan tentu ada,” ujar Irto dikutip dari Kompas.com. 

Menurut Irto, penurunan harga BBM non subsidi ini sudah terjadi pada awal September lalu ketika Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Sebagai jenis bahan bakar umum (JBU) atau BBM Non Subsidi, pengaturan harga diatur dalam Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 mengenai formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). 

Baca juga: Harga BBM Naik, Indonesia Masih yang Termurah Se-ASEAN?

Berdasarkan aturan tersebut, pihak Pertamina akan melakukan evaluasi terhadap harga jual BBM non subsidi setiap bulannya. “Pertamina selaku badan usaha juga akan mengevaluasi harga jual BBM non subsidinya setiap bulan,” tambah Irto. 

harga BBM

Harga BBM termahal di dunia 

Terlepas dari harga minyak dunia turun, beberapa negara masih ada yang mematok harga BBM dengan cukup tinggi. Penjualan BBM dengan nilai oktan 95 yang paling mahal di dunia, dipegang oleh negara Hongkong yaitu setara Rp 44.370 per liter. 

Beberapa negara lain yang memiliki harga BBM termahal diantaranya adalah: 

Zimbabwe 

Oktan 95 Rp 37.517 per liter

Solar Rp 41.458 per liter

Islandia

Oktan 95 Rp 34.074 per liter

Solar Rp 34.030 per liter

Republik Afrika Tengah

Oktan 95  Rp 33.972 per liter

Solar Rp 20.043 per liter

Norwegia 

Oktan 95 Rp 33.016 per liter

Solar Rp 34.970 per liter

swiss

Swiss 

Oktan 95 Rp 32.530 per liter 

Solar Rp 35.912 per liter

Barbados

Oktan 95 Rp 32.371 per liter 

Solar Rp 28.389 per liter

Finlandia 

Oktan 95 Rp 31.401 per liter

Solar Rp 31.461 per liter

Denmark 

Oktan 95 Rp 31.144 per liter

Solar Rp 32.745 per liter

Yunani 

Oktan 95 Rp 30.538 per liter

Solar Rp 28.886 per liter

Menurut data dari Global Petrol Price di atas, hanya Hong Kong sebagai negara di kawasan Asia yang menjual BBM dengan nilai oktan 95 paling mahal. 

Baca juga: Benarkah Kualitas Pertalite Turun Usai Harganya Naik?

Jadi, bagaimana menurut kalian apakah harga BBM yang ada di Indonesia saat ini masih tergolong murah atau tidak? Bagaimanapun juga, pastikan untuk mengonsumsi BBM secara hemat ya dan sebaiknya tidak memakai BBM bersubsidi jika memang bukan peruntukannya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.